Cara Menghemat Air

Cara mengemat air – Sering ditagih oelh PDAM dan merasa stress ketika ditagih karena tagihan yang banyak danmembengkak secara tiba-tiba. Pastinya anda akan merasa kesal karena harus mengeluarkan uang yang banyak untuk hal hal yang belum diprediksi sebelumnya.

Tapi tidak bisa dipungkiri air memang menjadi kebutuahan yang sangat pokok bagi manusia. Diperlukan cara agar dapat mengantisipasi pemakaian air yang berlebih. Berikut ini adalah cara agar dapat menghemat air.

Berikut ini akan kita rangkum beberapa cara menghemat air.

Cara Menghemat Air

Mencuci dalam jumlah banyak

Selain mengurangi pencemaran air karena langsung mencuci banyak, ternyata dapat menghemat penggunaan air.

Apalagi menggunakan mesin cuci karena penggunaan mesin cuci yang menghasilkan banyak limbah air dan dari detergen itu sendiri.

Tak hanya air saja anda juga dapat menghemat listrik bulanan pada setiap bulannya.

Ganti bak menjadi ember

Sekarang begitu banyak rumah – rumah yang menggukan bak mandi dirumah dan menggantinya dengan ember. Karena biasanya seorang lupa untuk mematikan airnya.

Untuk mengakalinya sangatlah mudah dengan mengganti bak mandi dirumah menjadi ember tak hanya untuk menghemat air tapi juga untuk mengurangi populasi jentik-jentik yang ada di kamar mandi.

Daur ulang air bekas cucian

Bekas cucian ternyata mempunyai banyak faedahnya diantara air bekas cucian beras yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman. Lalu air bekas cucian baju yang dapat digunakan untuk menyiram toilet.

Mematikan keran saat mencuci

Saat anda sendang mencuci apapun jika masih dalam keadaan menggosok biasakan untuk mematikan air, karena ketika menggosok tangan ataupun anda tidak memerlukan air, akan tetapi jika sudah selesai menggosok anda dapat membilasnya denga air yang mengalir.

Menggunakan gayung untuk menyiram

Menggunakan wastafel ketika air ditekan di tombol flush volume air yang dikeluarkan seringkali jauh lebih banyak dan hal ini pasti tidak berfaedah.

Untuk itu cara menghemat air yaitu dengan gunakan gayung ketika menyiram, namun jika anda terburu – buru barualah gunakan flush air untuk menyiramnya.

Baca Juga : Dampak Rumah Kaca

Cek dan perbaiki pipa yang bocor

cara menghemat air

Ketika anda sudah berusaha untuk menghemat air yang anda gunakan, tapi tagihan air masih saja membengkak. Bisa jadi ada pipa air yang bocor.

Lakukan pengecekan secara rutin terhadap saluran-saluran air dirumah mu. Meskipun mengalami kebocoran yang kecil tapi itu menyebabkan air yang terbuang akan sia-sia karena tidak terpakai.

Biasa tempat yang rawan akan kebocoran pipa adalah bak cuci, pipa untuk mesin cuci hingga keran air yang ada di kamar mandi maupun disekitar dapur.

Tak hanya itu saja, jika diabaikan dalam penanganan kebocoran pipa lama kelamaan akan besar bocornya hal ini mengakibatkan baya yang digunakan akan semakin besar untuk perbaikan pipa.

Mengatur waktu mandi dan menggunakan pancuran air

ketika anda ingin menghemat air bukan alasan jika anda tidak mandi. Sekarang banyak rumah-rumah yang menggunakan pancuran atau shower di kamar mandinya menggunkan shower puff juga dapat mempercepat proses mebersihkan badan.

Memilih perabot rumah tangga yang menghemat air

Saat ini banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk membuat peralatan yang menghemat air. Seperti mesin cuci, pipa air yang memiliki kualitas yang tinggi untuk mengantisipasi kebocoran, dengan itu anda juga menginvestasi uang secara banyak.

Pergi ke tempat cuci kendaraan

Anda punya banyak kendaraan atapun hanya satu, bawalah mobil anda atau motor. Biasanya mobil yang akan lebih menguras air untuk itu anda harus pintar-pintar untuk mencari langganan tempat cuci mobil.

Baca Juga : Perubahan Iklim

Panen air hujan

Di Indonesia sudah tidak asing dengan memanfaatkan air hujan. Untuk keperluan yang diluar mandi cuci kaus.

Seperti mencuci kendaraan, membersihkan tempat yang ada diluar, menyiram tanaman dan lain sebagainya.

Cara mudah untuk memanen air hujan dengan, menaruh tong yang besar di halaman atau grojokan air.

Ketika air hujan udah mulai reda segera tutuplah tongnya agar hujan yang disimpan tidak menjadi tempat bertelur nyamuk.

Jangan berlebihan dalam mengguanakan detergen

Detergen sangat dibutuhkan oleh rumah tangga untuk membersihkan segala macam yang kotor. Tetapi dengan menggunakan pembersih atau detergen secara berlebih akan mengakibatkan cairan untuk membersihkan nya semakin banyak, seperti air untuk membilasnya.

Jangan terlalu sering menggunakan bathtub

Memang enak jika mandi didalam bathtub, tetpi mandi didalam bathtub sangat menguras air, pasalnya air akan terbuang dengan sia-sia. Lebih baik menggunakan shower atau gayung

Saling mengingatkan anggota keluarga

Sebagai keluarga yang harmonis, anda harus saling mengingatkan diantara sesama keluarga agar tidak lupa untuk mematikan kran yang ada dirumah, dengan saling mengingatkan, tagihan dan air yang terbuang tidak akan sia sia.

Menggunakan filter air

cara menghemat air

Sebenarnya cara ini tidak saling berketerkaitan langsung dengan  tagihan pdam yang besar dan membengkak. Tetapi cara seperti ini dapat mengurangi pengeluaran uang yang dikeluarkan setiap bulan untuk kebutuhan air.

Menggunakan filter air anda tidak perlu lagi membeli air galon atau kemasan untuk keperluan didadur seperti masak dan minum.

Jangan mandi terlalu lama

Ketika anda lama mandi di kamar mandi, maka akan semakin kemungkinan besar untuk boros dengan air, karena anda akan menggunakan air secara banyak.

Ternyata cara ini sangat menghemat air dan waktu, untuk itu anda mulai sekarang dapat menghemat air dengan cara mandi tidak terlalu lama.

Memasang aerator keran

Aerator adalah cara yang cukup mudah untuk menghemat air, guna aerator ialah aerator akan menambahakan udara pada aliran air didalamnya sehingga arusnya akan lebih menjadi stabil walaupun anda menggunakan air yang sedikit.

Baca Juga : Reklamase

Buat sumur air

Cara mudah untuk menghemat air adalah dengan membuat sumur pada rumah anda. Jika anda masih hidup didaerah yang masih bisa dimanfaatkan maka menggunakan sumur adalah cara yang cukup mudah.

Menggunakan air sumur untuk kebutuhan sekunder saja seperti menyiram tanaman yang di rumah, mencuci kendaraan atau untuk mengepel lantai atau halaman didepan rumah.

Membuat lubang biopori

Ketika kamu ingin membuat sumur, untuk kebutuhan pasokan air tanah yang lebih bekualitas. Anda dapat melakukan banyak hal.

Dengan salah satunya dengan membuat lobang-lobang biopori di sekitar rumah atau didepan rumah.

Gunakan “point of use” pemanas air

Melakukan penghematan air dengan cara menggunakan pemanas air. Adanya pemanas air maka akan langsung bisa digunakan tanpa harus membuang – buang air ketika menunggunya hangat.

Menghindari botol plastik

Cara melakukan penghematan air selanjutnya adalah dengan menghindari menggunakan botol plastik. Ketika mengguakan botol plastik sangat dinilai tidak efisien karena dapat merusak sumber-sumber air didalam tanah dan juga penggunaan nya yang tidak efisien.

Kenapa bisa seperti itu, botol plastik yang digunakan sangat sulit untuk diuraikan, bisa mengkontaminasi tanah tanah yang ada. Maka dari itu lakakukan penghemat air dan selalu menjaga lingkungan sekitar.

Hemat air = menyelematkan lingkunagn

Demikian beberapa tips dan trik untuk menghemat air, semoga bisa bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply