7 Cara Mudah Menambah RAM di Laptop (100% Berhasil)

7 Cara Mudah Menambah RAM di Laptop (100% Berhasil)

Cara Menambah RAM di Laptop – Dalam artikel saya akan menjelasankan secara detail tentang bagaimana cara menambah RAM di Laptop. Bagi kamu yang masih pemula, tidak perlu khawatir. Karena penjelasan dibawah ini memang diperuntukkan untuk pemula. Silahkan disimak …

Persiapan Menambah RAM Laptop

Sebelum melakukan upgrade RAM, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, yaitu :

  • Obeng set lengkap
  • RAM / Memory yang ingin ditambahkan
  • Pick Gitar atau kartu tebal, gunanya adalah agar lebih mudah dan aman ketika ingin membuka¬† cover laptop tersebut.

Langkah-Langkah Menambah RAM di Laptop

Jika ketiga persiapan diatas sudah kamu lakukan, silahkan kamu coba langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka Cover Laptop

Kamu tinggal membuka skrup yang mengunci cover belakang laptop dengan menggunakan obeng yang sesuai, diusahakan tidak ada yang tertinggal. Dan simpan ditempat yang aman agar tidak terjatuh dan tercecer.

Cara Menambah RAM di Laptop

2. Renggangkan Cover Laptop

Dengan bantuan pick gitar atau kartu tebal, renggang kan sisi sisi cover belakang laptop. Dalam langkah ini anda harus lebih berhati- hati dalam membuka cover tersebut. Jangan sampai mematahkan pengunci plastik pada cover belakang laptop.Cara Menambah RAM di Laptop

3. Cari Lokasi RAM

Setelah cover belakang terbuka, anda akan melihat begitu banyak komponen hardware laptop. Cari lokasi RAM di Laptop kamu. RAM laptop saya terletak dibawah pelindung ini.

Cara Menambah RAM di Laptop

4. Cabut Pin Konektor Baterai

Dan sebelum menyentuh salah satu komponen hardware laptop kamu, pastikan pin konektor baterai sudah benar-benar tercabut (untuk baterai tanam). Jika sebaliknya, cukup anda mencabut baterai laptop kalian.

Cara Menambah RAM di Laptop

5. Memasang RAM Baru

Nah, setelah pin konektor baterai sudah tercabut maka anda tinggal memasang Ram baru di slot memory yang tersedia, dan menggabungkan Ram yang sudah ada.

Ada beberapa laptop yang tidak memberikan tambahan slot memory ekstra, jika begitu maka anda harus mengganti Ram yang lama dengan Ram yang baru, dengan kapasitsas yang lebih besar.

Pada laptop saya Ram berada di balik cover pelindung, jadi saya tinggal mencabut cover pelindung dan menemukan satu slot memory yang masih kosong.

Ini anda tinggal memasang Ram yang ingin  ditambahkan ke slot memory. Pastikan Ram nya terpasang dengan benar, tekang hingga terkunci dan berbunyi klik.

Cara Menambah RAM di Laptop

6. Hidupkan Laptop untuk Cek RAM

Setelah itu pasang kembali apa yang sebelumnya sudah dilepas, seperti Cover pelindung RAM (jika ada), dan pin konektor baterai laptop (untuk laptop baterai tanam).

Sebelum menutup Cover belakang laptop, pastikan dulu RAm terpasang dan terdeteksi dengan baik. Nyalakan laptop dan lihat apakah laptop bisa berjalan dengan normal dan RAM terdeteksi tanpa ada masalah.

Cara Menambah RAM di Laptop

7. Tutup Kembali Cover Laptop

Jika tidak ada masalah, baru anda tutup Cover penutup laptop dan kunci dengan mengencangkan semua krup.

Cara Menambah RAM di Laptop

Kini proses menambah RAM di laptop sudah selesai. Kini RAM laptop anda sudah bertambah dan benar-benar semakin kencang! program sebelumnya terasa lambat kini jadi makin Responsif.

Cara Menambah RAM di Laptop

Leave a Comment