3+ Cara Mudah Membuat Hotspot di Laptop (100% Work)

Cara Membuat Hotspot di Laptop – Banyak yang tidak paham bahwa laptop bisa dipakai sebagai hotspot.  Dengan adanya hotspot ini, kita bisa membagikan koneksi internet kita kepada user beda yang terhubung menggunakan tablet ataupun smartphone. Tidak cuma dipakai terhadap laptop, pengajaran ini juga bisa di praktikkan terhadap PC dengan syarat PC tersebut telah tertanam WiFi adapter.

Untuk trik menjadikan hotspot di laptop sangatlah mudah, bahkan bisa diusahakan tanpa software apapun, lumayan menggunakan tool CMD bawaan windows. Untuk menjadikan hotspot sendiri di laptop, kita memanfaatkan karakteristik dari windows yang bernama hosted netword. Dengan hosted network ini, kita bisa bermacam arsip ataupun koneksi internet tanpa butuh menggunakan software pihak ketiga.

Saya tentu akan menjelaskan sedetail mungkin sampai hotspot yang anda buat secara manual nanti bisa dipakai untuk browsing juga, tidak sekedar sharing arsip saja. Untuk mempermudah anda memahami pengajaran trik menjadikan hotspot di laptop ini, saya sengaja membuatkan agenda isi yang bisa anda meninjau dibawah ini:

1. Mengaktifkan Hotspot Melalui CMD

  1. Pastikan anda telah terkoneksi terhadap jaringan internet, mungkin itu menggunakan USB modem ataupun kabel LAN. pada artikel berikut, saya menggunakan USB modem merk Huawei untuk sumber koneksi internetnya nanti. Note: Setahu saya jaringan wifi tidak bisa dijadikan sumber koneksi internet, saya juga telah mencobanya tetapi gagal terus.
  1. Selanjutnya aktif Command Prompt sebagai admin. Anda bisa mencarinya menggunakan Start Menu, terus ketikkan “command prompt”, kemudian klik kanan seleksi Run as administrator.
  2. Ketika muncul seperti gambar di bawah ini yang sudah di tandai dengan garis merah. Silahkan Anda ganti dengan hotspot (SSID) yang Anda ingin kan. Untuk mengubah password hotspotnya, ganti nesaba 123 dengan pasword yang  Anda ingin pakai, Selanjutnya tekan tombol Enter.
  3. Selanjutnya ketikkan perintah: netsh wlan start hostednetwork, terus tekan Enter. Perintah tersebut digunakan untuk mengaktifkan hosted network yang anda buat tadi.

2. Mengaktifkan Internet Connection Sharing

Anda butuh mengaktifkan karakteristik internet connection sharing supaya pengguna yang terhubung terhadap hotspot anda bisa browsing juga. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Perhatikan simbol network yang terletak di samping kanan bawah desktop anda.
  2. Terus klik kanan simbol network tersebut, selanjutnya seleksi Open Network and Sharing Center.
  3. Seperti yang Anda meninjau kepada gambar dibawah, ditemukan 2 network yang aktif. Yang dahulu ialah hosted network (hotspot yang kita buat), dan yang kedua ialah koneksi internet dari USB modem. Saya telah terhubung di internet menggunakan USB modem saya (saya menggunakan provider Indosat).
  4. Hotspot yang kita buat tadi memiliki nama koneksi Local Area Connection* 12. Selanjutnya kita butuh mengerjakan agar koneksi internet dari USB modem bisa disharing ke hotspot yang kita buat tadi, yakni: Local Area Connection* 12. Caranya lumayan klik Cellular (indosat), selanjutnya seleksi Properties.
  5. Pindah ke tab Sharing.
  6. Centang “Allow other network users to….” terus kepada Home networking connection, seleksi Local Area Connection* 12. Selanjutnya seleksi OK.
  7. Seperti yang anda meninjau kepada gambar dibawah, kepada hosted network (Nesaba Media) ditemukan tulisan Acces type: Internet. Hal ini menunjukkan bahwa koneksi internet dari USB modem anda telah berhasil disharing ke hotspot anda.  Jadi pengguna yang terhubung kepada hotspot anda telah bisa saling kirim berkas atau internetan. Meskipun begitu, ditemukan satu hal lagi yang butuh anda lakukan, yakni mematikan firewall kepada windows Anda.

3. Cara Mematikan Firewall di Windows

  1. Firewall ini sesungguhnya perannya paling penting sekali, yaitu memfilter arus data yang muncul / masuk terhadap jaringan. akan tetapi pada kasus ini, firewall ini malah seringkali memblokir muncul masuknya arus data diantara hotspot anda dan koneksi USB modem anda (mungkin dinilai berbahaya dan tidak aman).Jadi tidak heran apabila terdapat yang gagal / error saat masuk ke hotspot anda, padahal telah memasukkan password dengan benar. Langkah-langkah trik mematikannya bisa anda meninjau dibawah ini:
    1. apabila anda menginstal antivirus, mungkin itu Avast, Avira, ESET ataupun antivirus lainnya, umumnya pengaturan firewall diatur oleh antivirus anda. Dan pasti saja letak pengaturan firewall terhadap masing-masing antivirus berbeda-beda. Sebagai contoh, saya menggunakan Avast Premier.
    2. aktif Avast Premier.
    3. terhadap menu Protection, seleksi Firewall.
    4. Klik tombol ON untuk mematikan firewall Anda.
    5. Pilih Stop until your next restart (maka firewall akan diaktifkan kembali setelah laptop di restart).
    6. Firewall  berhasil di non aktifkan.

      akan tetapi bagi Anda yang tidak menginstall antivirus apapun terhadap laptop Anda, Anda bisa mematikan firewall dengan mudah menggunakan artikel berikut ini.

4. Terhubung ke Hotspot

sesudah kita mematikan firewall terhadap windows, saatnya kita terhubung ke hotspot yang kita buat. Caranya bisa disimak dibawah ini:

  1. Hidupkan WiFi anda.
  2. Cari nama SSID (hotspot anda), yakni: Nesaba Media.
  3.  Anda tinggal memasukkan password hotspot yang telah Anda setting tadi, password saya tadi yakni: nesaba123. Kemudian pilih Connect.
  4. Tadaah, sekarang kita bisa internetan melalui hotspot yang kita buat sendiri secara manual, tanpa software apapun.

5. Cara Mematikan Hotspot

Untuk mematikan hotspot yang telah kita buat, lumayan ketikkan netsh wlan stop hostednetwork terhadap command prompt.

Itulah trik menjadikan hotspot di laptop, tanpa butuh menggunakan bantuan software apapun. Walaupun begitu, bagi Anda yang lebih menyukai menggunakan software, Anda bisa menggunakan Connectify, mHotspot, My WIFI Router dan software sejenis lainnya. Semoga dengan trik ini bisa bermanfaat buat Anda.

Cara Membuat Hotspot di Laptop

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply