Cara Install Windows 8

Cara Install Windows 8 – Windows 8 merupakan merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh para pengguna komputer, baik komputer pribadi ataupun komputer untuk keperluan bisnis. Cara install yang cukup mudah membuatnya banyak di pasang pada netbook, ultrabook, dan juga laptop.

Perlu diketahui, bahwa OS (operating system) untuk perangkar komputer tidak hanya Windows, tapi ada juga sistem operasi MAC dan Linux. Namun banyak yang menggunakan Windows karena memang cara penggunaanya yang mudah dan juga simple.

Jadi untuk orang yang baru memasuki dunia komputer tentunya lebih baik menggunakan menggunakan sistem operasi Windows. Sebelum Windows 8, perusahaan Microsoft juga pernah membuat berbagai sistem operasi versi sebelumnya yaitu Windows XP dan Windows 7.

Windows 8 sendiri saat ini sudah dapat diupdate ke versi terbaru yaitu Windows 8.1 dimana terdapat beberapa perubahan dari versi sebelumnya.

Perbedaan Windows 8 dan Windows 8.1

Sebelum menentukan antara Windows 8 atau Windows8.1 yang akan Anda gunakan, sebaiknnya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara keduannya, yaitu :

  • Pada Windows 8.1 terdapat ikon menu “Start”, sedangkan Windows 8 tidak.
  • Tampilan metro pada Windows 8.1 lebih menarik jika dibandingkan dengan Windows 8 dan ukuranny ikonnya dapat diedit, kecuali yang sudah default.
  • Pada Windows 8, lock yang tersedia pada komputer hanya satu akun yaitu akun akun default ketika meng-install Windows. Sedangkan pada Windows 8.1 terdapat dua akun, yaitu default pada Windows dan akun e-mail.
  • Aplikasi-aplikasi yang support Windows 8.1 lebih banyak dibandingkan Windows 8.

Spesifikasi Minimum Windows 8

Sebelum menginstall Windows 8 ada beberapa hal yang harus Anda pastikan terlebih dahulu, bahwa tidak semua komputer bisa di install Windows 8. Ada beberapa spesifikasi minimun yang harus dipenuhi agar sebuah perangkat baik PC/laptop dapat berjalan ketika dipasang Windows 8.

Agar bisa berjalan lancar, setidaknya perangkat yang akan di install Windows 8 memiliki spesifikasi sebagai berikut :

  1. Kapasitas harddisk kosong 20GB

Penyimpanan ruang yang kosong pada drive komputer Anda minimal harus 20GB. Jika kurang dari ini, Windows 8 tidak dapat terinstall dengan sempurna. Namun lebih baik lagi jika Anda jika kapasitas yang kosong lebih dari 20GB  agar perangkat Anda tidak lemot.

  1. RAM minimal 1GB

Kedua, jika ingin dipasang Windows 8 maka pastikan PC/laptop Anda memiliki RAM setidaknya minimal 1GB. Namun terkadang itu juga masih terasa lemot, sehingga saya sarankan jika ingin diinstall Windows 8, maka pasang RAM 2GB untuk versi 32-bit dan RAM 4GB untuk versi 64-bit.

  1. Resolusi minimal 1366×768 pixels

Untuk mendukung kenyamanan interface Windows 8 pada perangkat Anda, sebaiknya minimal resolusi monitor PC/laptop yang Anda gunakan sebesar 1366 x 768 pixels. Atau jika di bawah itu juga tidak apa-apa.

  1. Mendukung Directx 9

Dan yang terakhir agar komputer dapat diinstall Windows 8 dengan baik adalah perangkat Anda sudah mempunyai Graphics Card yang mendukung Directx 9.

Jika ingin mengetahui lebih lengkap kebutuhan spesifikasi Windows 8, silahkan kunjungui situs Microsoft.

Persiapan Sebelum Menginstall Windows 8

Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum Anda memulai proses instalasi Windows 8 pada PC/laptop Anda.

  1. Siapkan CD/DVD installer Windows 8
  2. Lakukan backup data-data yang dirasa penting terlebih dahulu. Hal ini untuk mengantisipasi kehilangan data saat PC/laptop Anda selesai di install.
  3. Jika yang akan diinstall adalah laptop, disarankan untuk sambil menchargernya. Karena proses instalasi cukup memakan waktu yang lumayan lama. Karena jika sampai kehabisan baterai di tengah-tengah proses penginstall, maka Anda harus mengulanginya dari awal.
  4. Jika perangkat Anda terhubung dengan beberapa keras seperti printer, scanner, mode dan lainya. Sebaiknya pada saat akan di install, lepaskan semua perangkat yang terhubug agar tidak mengganggu proses penginstalan.

Cara Install Windows 8 Dengan CD/DVD Installer

Jika Anda sudah memastikan perangkat Anda memenuhi syarat spesifikasi untuk dapat di install Windows 8 dan Anda sudah membackup data-data penting, selanjutnya Anda bisa mulai meng-install Windows 8 pada PC/laptop Anda.

Ada dua media yang bisa Anda pakai untuk meng-install OS Windows, yaitu dengan menggunakan CD/DVD installer dan satunya lagi meggunakan flashdisk.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk meng-install Windows 8/8.1 menggunakan CD/DVD installer yang bisa Anda lakukan sendiri.

  1. Setiing BIOS

Pertama-tama Anda harus masuk ke BIOS dan mengatur agar booting pertama kali dilakukan dari CD/DVD ROM. Karena defaultnya perangkat komputer akan melakukan booting pertama kali dari Hard Drive.

Sehingga untuk menginstall Windows 8/8.1 dengan CD/DVD installer Anda perlu merubah booting yang normalnya dari Hard Drive ke CD/DVD ROM. Berikut tata caranya :

  • Hidupkan komputer, pada saat komputer melakukan proses booting tekan tombol pada keyboard sesuai dengan jenis komputer yang digunakan untuk masuk ke menu BIOS. Karena tombol untuk masuk ke menu bios kadang setiap komputer terkadang berbeda.

Setting Bios Install Windows 8

Anda bisa menekan tombol DEL (delete) secara berulang pada saat komputer melakukan booting sampai muncul menu BIOS. Atau ada juga yang menggunakan tombol F1, F2, Fn+F2, atau kombinasi tombol lainya Anda bisa coba satu per satu.

Langkah 2 Setting BIOS Install Windows 8

Sumber gambar : https://www.nesabamedia.com

 

  • Setelah berhasil akan muncul tampilan menu BIOS seperti pada gambar, namun ada juga komputer yang memiliki tampilan menu BIOS berbeda. Tapi pada dasarnya menu yang tersedia sama. Selanjutnya pilih tab “Boot” menggunakan tombol < > pada keyboard untuk berpindah.

Langkah 3 Setting BIOS Install Windows 8

  • Seperti yang terlihat pada gambar di bawah, Posisi Hard Drive atau HDD berada di atas. Ini menandakan komputer melakukan booting pertama kali dari Hard Drive. Untuk itu Anda harus merubahnya agar melakukan booting dari CD-ROM Drive.

Langkah 3 Setting BIOS Install Windows 8

  • Caranya pilih CD-ROM Drive, kemudian tekan tombol +/- untuk memindahnya hingga berada di posisi paling atas, seperti pada gambar di bawah.
  • Selanjutnya masukan CD/DVD installer Windows 8/8.1 ke dalam DVD ROM pada PC atau laptop Anda. Lalu simpan konfigurasi yang telah Anda lakukan dengan menekan tombol F10.

Setting BIOS Windows

  • Pilih “Yes” lalu tekan enter. Kemudian perangkat Anda akan melakukan restart, dan sekarang perangkat Anda sudah berpindah proses booting ke CD-ROM Drive.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, tidak semua tipe BIOS pada komputer/laptop sama. Jadi jangan heran jika tampilan BIOS di atas berbeda dengan tampilan BIOS pada komputer/laptop Anda. Walupun berbeda tampilan, pada dasarnya cara penggunaannya sama.

  1. Mulai Menginstall Windows 8.81

Untuk langkah selanjutnya Anda bisa memulai proses install Windows 8. ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1 Install Windows 8

  • Pada saat proses restart dan tampilan pertama yang muncul pada layar perangkat Anda seperti pada gambar, maka jangan tekan tombol apapun karena nanti Anda akan mengulang proses install dari awal.

Langkah 2 Install Windows 8

  • Selanjutnya, pada Time and currency format, pilih “Indonesian (Indonesia)” yang dua kolom lainnya biarkan saja default tidak perlu diubah. Jika sudah klik Next.

Langkah 3 Install Windows 8

  • Kemudian klik “Install Now”.
  • Jika muncul seperti di bawah, Anda disuruh memasukan product key Windows 8, biasanya sudah ada di dalam satu paket dengan DVD. Jika selesai di masukan, klik Next.

Product key : GCRJD-8NW9H-F2CDX-CCM8D-9D6T9

Product Key Windows 8

  • Selanjutnya akan muncul persyaratan lisensi dalam bahasa inggris, Anda bisa membacanya terlebih dahulu atau bisa juga langsung setuju denga memberi centang pada I accept the licence terms.
Cara Install Windows 8

Sumber gambar : https://www.nesabamedia.com

  • Di sini, pilih “Custom: Install Windows only (advanced)”.

Setting Windows 8

  1. Tahap Partisi (membagi penyimpanan harddisk)

Pada bagian ini, dibutuhkan ketelitian, pasalnya ini berhubungan dengan pembagian kapasitas penyimpanan yang akan Anda gunakan.

Selain itu, jika Anda sedang melakukan install ulang, maka berhubungan juga dengan data Anda, karena itu Anda harus sedikit berhati-hati. Jika ingin lebih aman, pada saat sebelum meng-install Windows 8 pindahkan terlebih dahulu data penting ke flashdisk.

Simak langkah-langkah membagi partisi berikut.

  • Anda bisa menentukan lokasi partisi untuk meng-install Windows 8/8.1. Caranya, pilih jendela drive tau partisi Anda, lalu klik “New” pada deretan menu di bagian bawah untuk membuat partisi baru , dan kemudian tentukan besar kapasitas partisi tersebut.
Cara Membagi Partisi Hardisk

Sumber gambar : https://www.nesabamedia.com

Jika hanya ada satu partisi seperti yang terlihat pada gambar. Maka pada saat selesai klik “Apply” dan akan terbentuk dua partisi baru.

Membagi Partisi Hardisk

 

  • Pilihlah partisi yang lebih besar sebagai tempat untuk meng-install Windows 8/8.1, lalu klik Next. Nah proses instalasi sudah mulai berjalan dan tunggu sampai selesai.

 

Langkah Install Windows 8

 

  • Proses penginstalan membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit, tunggu komputer sampai melakukan restart sendiri.
  • Setalah restart, komputer akan melakukan booting secara otomatis, ubah di menu BIOS agar komputer kembali melakukan booting ke Hard Drive/HDD. Karena jika masih ke CD/DVD ROM komputer akan kembali melakukan install Windows 8/8.1 dari awal.

 

Atau Anda juga bisa tidak mengubah proses booting dari CD/DVD ROM ke Hard Drive melalui BIOS. Yaitu pada saat selesai proses Installing Windows sudah selesai dan perangkat melakukan restart ulang pada saat itu Anda bisa langsung mengeluarkan CD/ DVD installer dari DVD ROM. Maka secara otomatis proses booting akan dilakukan dari Hard Drive.

  1. Mengatur Desktop Windows

Setelah mengatur partisi sudah selesai, maka kita masuk ke tahap terakhir dalam meng-install Windows 8/8.1 yaitu mengatur desktop Windows dengan cara berikut ini.

Cara Mengatur Desktop Windows

  • Ketikkan nama komputer sesuai keinginan Anda, dan Anda juga bisa memilih warna tema yang disukai. Jika sudah klik Next.

Langkah 2 Mengatur Desktop Windows

  • Selanjutnya akan muncul tampilan Settings untuk mengatur seperti Windows update, protection, Akun dll. Pilih “Use express settings” yang berada di bawah.

Langkah 3 Mengatur Desktop Windows 8

  • Jika tampilan seperti pada gambar, maka Anda dapat memilih masuk dengan Microsoft account atau Local account, pilihlah Local account.
  • Selanjutnya pada menu pengaturan akun. Silahkan masukan username atau nama pengguna sesuai keinginan Anda, dan password jika dirasa perlu agar komputer Anda tidak digunakan sembarang orang.

Setting Akun Windows 8

Dalam membuat password, gunakan kombinasi antara huruf, angka, dan simbol agar lebih aman. Namun yang paling penting, buatlah password yang mudah diingat.

Pada bagian password hint, isi dengan kata atau kalimat yang bisa membantu Anda mengingat password jika suatu saat lupa.

Jika sudah klik selesai, klik “Finish”.

  • Tunggu beberapa menit dan jika sudah selesai Anda akan di arahkan menuju tampilan Windows 8.81. Yang menandakan perangkat Anda sudah selesai diinstall Windows 8.81.

Selesai

  1. Setelah Install Windows 8 Selesai

Setelah Windows selesai di Install, masih belum bisa digunakan seperti biasanya. Anda perlu meng-install beberapa driver penting, seperti network driver, graphic driver dan audio driver.

Biasanya driver tersebut sudah satu paket saat Anda membeli PC/laptop baru. Jika tidak ada Anda bisa mengunduhnya di internet.

Bagaimana mudah bukan ?, ya meskipun tidak sesimpel cara install Windows 7. Tapi saya yakin Anda bisa melakukannya sendiri.

Cara Install Windows 8 Dengan Flashdisk

Selain menggunakan CD/DVD intaller, Anda juga bisa meng-install Windows 8/8.1 menggunakan flashdisk. Media ini biasa digunakan bagi pengguna notebook karena tidak terdapat CD drive atau DVD drive.

Jika ingin meng-install Windows 8 atau   sistem operasi lainnya, maka terlebih dahulu Anda harus menjadikan flashdisk Anda bootable.

Untuk menadikan flashdisk bootable, Anda bisa menggunakan software yang biasa digunakan untuk melakukan bootable pada flashdisk. Ada berbagai software yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah Rufus.

Kenapa saya rekomendasikan Rufus ?, karena software ini cukup ringan dan jarang sekali mengalami error saat digunakan. Sehingga dapat diandalkan untuk membootable flashdisk.

Persiapan Sebelum Meng-install Windows Dengan Flashdisk

Pada dasarnya langkah-langkah untuk meng-install Windows 8/8.1 menggunakan flashdisk sama. Hanya saja pada tahap persiapan, sedikit berbeda dengan cara install Windows 8.81.

Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum meng-install Windows 8 menggunakan flashdisk. Berikut yang harus Anda persiapkan :

  • File ISO Windows 8/8.1. Jika belum punya silahkan download di sini.
  • Flashdisk dengan ukuruan minimal 4GB, namun besarnya kapasitas flashdisk yang dibutuhkan juga bergantung pada besarnya file ISO sistem operasi yang akan diinstall.
  • Software Rufus, download di sini.

Jika ketiga bahan di atas sudah siap, simak langkah-langkah cara mengintall Windows 8 menggunakan flashdisk berikut ini :

  • Pertama, masukan flashdisk Anda ke PC/laptop, lalu buka aplikasi Rufus. Flashdisk Akan terdektif oleh Rufus secara otomatis.
  • Selanjutnya klik ikon DVD untuk memilih tempat Anda menyimpan file ISO Windows 8.
  • Cari lokasi Anda menyimpan file ISO Windows 8, jika sudah ketemu kemudian klik Open. Ingat pastikan lagi file harus berformat ISO bukan yang lain.
  • Nah flashdisk sudah siap di bootable. Jika Anda ingin mengubah nama flashdisk, Anda bisa mengubahnya pada kolom New volume label. Untuk peraturan lainnya tidak perlu diubah biarkan saja default.
  • Setelah itu, klik Start untuk memuali proses bootable file ISO Windows 8 ke flashdisk.
  • Kemudian akan muncul notifikasi seperti pada gambar, yang artinya pada saat proses bootable semua data yang terdapat di flashdisk Anda akan dihapus. Maka supaya lebih aman, sebelum meng-install Anda sudah membackup data Anda terlebih dahulu. Jika setuju pilih OK.
  • Rufus akan memulai proses bootable, biasanya memakan waktu beberapa menit.
  • Jika tampilan sudah seperti pada gambar, tandanya flashdisk Anda sudah selesai di bootable.

Jika flashdisk sudah selelsai di bootable dan selanjutnya Anda dapat mulai mengintall Windows 8 pada PC/laptop Anda. Caranya sama seperti saat meng-install menggunakan CD/DVD installer di atas, dimana terdapat 5 tahap.

Hanya saja pada tahap Setting BIOS, karena Anda menginstall menggunakan flashdsik, maka ubah  proses booting dari Hard Drive ke flashdisk.

Nah itulah langkah-langkah cara install Windows 8/8.1 yang bisa Anda ikuti. Semoga pembahasan kali ini dapat membantu Anda meng-install Windows 8/8.1 pada perangkat PC/laptop. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Baca juga : Cara Install Windows 7

Leave a Reply