Cara Install Windows 7

Cara Install Windows 7 – Sistem operasi Windows 7 merupakan salah satu sintem operasi milik perusahaan Microsoft. Sistem operasi ini bisa dibilang lebih populer dibandingkan sistem operasi Microsoft sebelumnya yaitu Windows Vista.

Oleh Microsoft Windows 7 secara resmi dirilis untuk umum pada tanggal 22 Oktober 2009. Hingga saat ini Windows 7 masih menjadi pilihan sistem operasi yang banyak diminati oleh pengguna PC atau laptop.

Proses instalasi yang mudah dan tampilannya yang sederhana menjadi salah satu faktor Windows 7 banyak dipilih oleh para pengguna komputer pemula. Karena pada saat menginstall Windows 7 hampir semua prosesnya berjalan otomatis.

Berbeda dengan Windows Vista, Windows 7 berfokus pada pengembangan dasar dalam penggunaan sistem operasi. Selain itu, Windows 7 juga didesain agar compatible dengan berbagai aplikasi dan hardware pada komputer.

Sehingga para pengguna sistem operasi lawas seperti Windows XP misalanya, dapat bermigrasi dengan mudah ke Windows 7.

Kali ini kita bagikan cara install Windows 7 di perangkat PC atau laptop Anda langkah demi langkah secara bertahap agar dapat Anda pahami dan praktekan langsung. Namun sebelum itu, kita harus ketahui terlebih dahulu spesifikasi perangkat yang bisa di pasang Windows 7.

Spesifikasi Minimum Windows 7

Cara Install Windows 7

Sebelum mulai menginstall Windows 7, Anda perlu mengetahui spesifikasi minimum yang harus dipenuhi oleh perangkat yang akan di install windows 7. Jika spesifikasi perangkat berada di bawah standar yang telah ditentukan maka mesin perangkat Anda akan cepat panas dan membuat hardware cepat rusak.

Windows 7 ada 2 macam yaitu Windows 7 32 bit dan Windows 7 64 bit, keduanya memiliki spesifikasi minimum yang berbeda. Berikut spesifikasi minimum perangkat yang akan di install Windows 7 32 bit.

  1. Prosesor perangkat minimal Pentium 4 dengan kecepatan 1 GHz atau diatasnya.
  2. RAM yang digunakan minimal harus 1 GB, lebih besar lebih bagus.
  3. Kapasitas hard disk yang diperlukan minimal 16 GB atau lebih.
  4. VGA minimal mempunyai kapasaitas sebesar 128 MB dan mendukung DirectX 9.

Itu spesifikasi minimum yang harus dipenuhi jika ingin menginstall Windows 7 32 bit pada perangkat Anda. Sedangkan untuk Windows 7 64 bit spesifikasi minimum komputer yang dapat diinstall sedikit slebih tinggi dibandingkan dengan 32 bit, yaitu :

  1. Prosesor perangkat minimal Pentium 4 atau lebih dengan kecepatan 1 GHz atau di atasnya.
  2. Membutuhkan RAM minimal 2 GB.
  3. Kapasitas penyimpana hard disk untuk menyimpan Windows 7 64 bit minimal harus 20 GB, jika lebih besar maka lebih bagus.
  4. Untuk VGA sama seperti Windows 32 bit, yaitu minimal 128 MB dan mendukung DirectX 9.

Kelebihan Windows 7

Kelebihan Windows 7

Ada beberapa keunggulan dari Windows 7 yang perlu Anda ketahui sebelum menginstallnya pada PC atau laptop Anda. Windows 7 memiliki beberapa kelebihan yang tidak akan Anda dapatkan di sistem operasi lainnya.

Berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Windows 7 mungkin juga akan membuat Anda ingin cepat beralih dari Windows Vista dan XP, atau bahkan membuat Anda ingin downgrade dari Windows 8. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Windows 7, yaitu :

  1. Proses booting dan shut down lebih cepat jika dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya.
  2. Daya yang digunakan untuk CPU dan juga hard disk lebih hemat.
  3. Windows 7 sudah mendukung penggunaan pada pengkat touch screen (layar sentuh).
  4. Mendukung multiscreen dapat digunakan pada lebih dari satu layar sekaligus.
  5. Memiliki fitur device storage sehingga untuk menampilkan berbagai hal tentang hardware jadi lebih mudah.
  6. Memiliki sitem pencarian data yang lebih cepat.

Cara Install Windows 7 Untuk Pemula

Cara Install Windows 7 cukup mudah jika dibandingkan dengan cara install windows 8 atau Windows 10. Karean Sebagian besar proses intalasi sudah berjalan otomatis, Anda hanya tinggal mengatur partisi hard disk sesuai dengan keinginan Anda dan mengisi beberapa data.

Ada 2 media yang bisa dipakai untuk mengintall Windows di PC atau laptop Anda yaitu menginstall Windows menggunakan CD intaller dan satunya lagi menginstall Windows 7 menggunakan flashdisk.

Bagi Anda yang belum bisa menginstall windows 7. Tenang, di bawah ini ada langkah-langkah cara install Windows yang bisa Anda ikuti.

Cara Install Windows 7 Dengan CD/DVD installer

Cara Install Windows 7 Dengan CD/DVD Installer

Sebelum melakukan proses penginstalan, ada beberapa hal yang Anda perlu persiapkan terlebih dahulu,

  1. Siapkan CD/DVD intaller Windows 7
  2. Backup data-data Anda terlebih dahulu. Data-data yang perlu di backup adalah data di Local Disk C : seperti folder Documents, Downloads, Pictures, dan Videos.
  3. Jika yang akan Anda Install adalah laptop, disarankan untuk sambil menchargernya. Karena proses instalasi membutuhkan waktu yang lumayan lama. Kalau sampai kehabisan baterai ditengah-tengah proses install, Anda harus mengulanginya dari awal.

Jika ketiga persiapan di atas sudah dilakukan semua, selanjutnya Anda bisa memulai menginstall Windows 7 pada perangkat Anda.

  1. Setting BIOS agar melakukan booting dari DVD

Karena pada umumnya PC/laptop melakukan proses booting dari hard disk, jadi Anda perlu mengubahnya agar melakukan booting dari DVD. Berikut langkah-langkahnya :

  • Hidupkan perangkat Anda atau jika dalam dalam keadaan hidup silhkan lakukan Restart. Untuk masuk ke menu BIOS, pada saat pertama kali melakukan booting tekan tombol Delete, F1F2 atau Fn+F2 pada keyboard.

Hal tersebut tergantung manufacturer atau motherboard perangkat Anda. Karena ada juga beberapa perangkat yang menggunakan Esc, F10 dan lain sebagainya.

  • Kemudian jika Menu BIOS sudah muncul di monitor, pilih menu Boot menggunakan left (<-) dan right (->) untuk berpindah dan tombol enter untuk select.
  • Dalam menu Boot, terlihat ada beberapa pilihan booting dan device teratas adalah Hard Drive. Ubah urutan device dengan CD-ROM Drive berada di atas, karena kita akan menginstall menggunakan CD/DVD intaller.
  • Selanjutnya masukan CD/DVD intaller pada DVD ROM, lalu tekan tombol F10 untuk keluar sekaligus save.

Jika proses booting laptop sudah diubah dari hard disk ke CD/DVD ROM selanjutnya Anda bisa memulai proses Install Windows 7.

  1. Langkah – Langkah Install Windows 7

Pada tahap ini proses penginstalan sudah mulai dilakukan, jadi pastikan data-data penting sudah Anda backup dan jika yang akan di install laptop pastikan sudah terhubung dengan charger. Berikut langkah-langkah intall windows 7.

  • Pada awal pemasangan jika muncul tampilan seperti ini, maka tekan sembarang pada keyboard.
  • Jika tampilan sudah seperti gambar, pada “Time and currency format” pilih Indonesia (Indonesia). Sedangkan yang lainnya biarkan saja. Lalu klik Next.
  • Pilih “Install now”.
  • Anda bisa baca dulu ketentuan lisensi dari Microsoft, atau bisa langsung setuju dengan memberi tanda centang pada kotak “I accept the license terms”.
  • Pilih “Custom (advanced)”.
  • Selanjutnya pada tahap membagi partisi hard disk, bagi minimal menjadi dua drive. Satu drive C untuk temapat menyimpan OS Windows 7.

Dan satunya lagi drive D untuk menyimpan data-data dengan memilih drive option. Kemudian pilih “Disk 0 Partition 2” sebagai lokasi instalasi Windows 7 Anda. Lalu pilih next.

  • Jika sudah sampai pada tahap ini, Anda perlu menunggu karena proses instalasi sedang berlangsung selama kurang lebih 20 menit. Selama proses berlangsung PC/laptop Anda akan melakukan reboot secara otomatis.
  • Hal yang perlu di perhatikan! Jangan tekan tombol apapun pada keyboard karena ada kemungkinan ketika tombol apa saja pada keyboard tertekan proses intalasi akan terulang dari awal, jadi hati-hati ya.
  1. Proses Instalasi Windows 7

Jika tahap pemsangan Windows 7 pada perangkat sudah selesai, selanjutnya Anda perlu melakukan proses instalasi dengan mengatur personalisasi perangkat Anda. Berikut langkah-langkanya.

  • Pertama silahkan masukan nama pengguna dan nama komputer Anda. Lalu klik next.
  • Buat password pada perangkat Anda dengan menggunakan kombinasi huruf, simbol, dan angka supaya kuat.

Pada bagian “Type a password hint”, Anda bisa isi dengan kata-kata atau kalimat yang bisa membantu Anda untuk mengingat password jika suatu saat lupa.

Atau, Anda bisa tidak memberi password pada perangkat dengan membiarkannya kosong. Lalu klik next.

  • Selanjutnya, isi product key Windows 7, lalu klik next.

Atau jika Anda tidak memiliki product key, Anda bisa melewati tahap ini dengan klik next. Tapi, tanpa mengaktivasi product key, Windows 7 yang Anda gunakan berstatus trial 30 atau masa percobaan selama 30 hari.

Jika Anda tidak melakukan aktivasi bahkan setelah masa percobaan berakhir. Tampilan Windows Anda akan berubah menjadi hitam, walapun diganti sudah diganti berbagai macam Wallpaper.

Selain itu jika Anda tetap membiarkan Windows Anda tanpa melakukan aktivasi. Hal tersebut dapat merusak perangkat keras PC/laptop Anda.

Untuk itu disarankan agar Anda segera mengaktifkan Windows setelah proses pemasangan sistem operasi tersebut selesai.

Proses aktivasi permanen dapat dilakukan secara offline menggunakan command prompt atau bisa juga menggunakan Windows Loader.

  • Berikutnya, jika Anda menginstall menggunakan DVD installer original, maka pilih “Use recomemended settings”. Jika tidak, maka pilih “Ask me later”.
  • Pada saat menentukan “Time zone” pilih (UTC + 07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta.
  • Untuk lokasi jaringan pilih “Public network”.
  • Nah sekarang, proses menginstall Windows 7 dengan CD/DVD intaller sudah selesai.

Cara Install Windows 7 Dengan Flashdisk

Cara Install Windows 7 Dengan Flasdisk

Cara kedua menginstall Windows 7 adalah dengan menggunakan flashdisk. Cara ini biasanya digunakan pada saat menginstall sistem operasi pada notebook. Karena umumnya pada notebook tidak terdapat DVD ROOM.

Untuk langkah-langkah instalasi Windows 7 menggunakan flashdisk tidak jauh berbeda dengan menggunakan CD/DVD intaller. Dimana ada tiga tahap juga yang harus Anda lakukan. Perbedaanya hanya pada tahap persiapan.

Flashdisk yang akan digunakan untuk menginstall harus di bootable terlebih dahulu menggunakan software. Ada banyak software yang bisa digunakan untuk membuat flashdisk menjadi bootable salah satunya, Rufus.

Hal perlu dipersiapkan terlebih dahulu untuk membuat bootable flashdisk adalah flashdisk berukuran minimal 4 GB dan file ISO Windows 7, jika belum punya silahkan download di sini.

Sebenarnya untuk ukuran flashdisk tergantung dari sistem operasi apa yang ingin Anda install. Berikut langkah-langkah membuat bootable flashdisk :

  1. Pertama, silahkan download Rufus terlebih dahulu, download disini.
  2. Masukan flashdisk Anda, kemudian buka aplikasi Rufus. Kemudian otomatif muncul tampilan seperti pada gambar.
  3. Klik gambar CD drive dan cari file ISO windows Anda. Kemudian klik Open.
  4. Secara otomatis Rufus akan mengubah file system dari FAT32 menjadi NTFS. Jika ingin mengubah nama drive, Anda bisa mengubahnya pada kolom “New Volume Label”. Jika tidak juga tidak masalah. Kemudian Klik Start.
  5. Selanjutnya akan muncul notifikasi peringatan semua data yang terdapat pada drive tersebut akan diformat, jadi pastikan sebelumnya Anda sudah membackup data yang ada pada flashdisk. Lalu klik OK.
  6. Poses bootable berlangsung sekitar 20 menit, tergantung dari besarnya sistem operasi dan kecepatan flashdisk tersebut.
  7. Jika sudah selesai, Anda bisa kill tombol Close. Dan sebaiknya Anda langsung cabut flashdisk Anda.

Sekarang flashdisk sudah siap digunakan untuk menginstall Windows 7 pada PC/laptop Anda. Caranya sama seperti menginstall menggunakan CD/DVD intaller. Tinggal pada menu BIOS, ganti proses booting dari Hard Drive ke flashdisk.

Setelah Selesai Install Windows 7

Setelah selesai diinstall Windows 7, bukan berarti PC/laptop Anda sudah siap digunakan. Ada beberapa driver device yang perlu dipasang terlebih dahulu, seperti Audio Driver, Graphics Driver, dan Network Driver.

Biasanya pada saat membeli perangkat baru Anda akan mendapatkan CD/DVD driver yang berisi driver-driver yang dibutuhkan. Jika tidak mendapatkannya, jangan khawatir, Anda bisa mendownload driver-driver tersebut.

Menginstall device driver pada perangkat Anda sangat penting agar perangkat dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Namun, terkadang Anda tidak perlu menginstall driver apapun. Karena ada beberapa perangkat yang sudah kompatibel dengan sistem operasi Windows 7.

Bagaimana cukup mudah bukan cara install Windows 7 di atas ?, meskipun Anda baru pertama kali dalam menginstall Windows 7. Jika menemui kendala pada saat proses menginstall Anda bisa lihat kembali cara install windows 7 di atas.

Dengan mencoba menginstall sendiri Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk jasa installer. Jika Anda semakin mahir Anda juga bisa membantu menginstalkan PC/laptop saudara atau teman, jadi lebih bermanfaat.

Sekian tutorial cara install windows 7 yang bisa kami sampaikan. Semoga dapat membantu Anda menyelesaikan masalah install Windows pada perangkat yang Anda gunakan. Terimakasih.

Baca juga : 15+ Situs Nonton Film Online Gratis

Leave a Reply