Cara Aktivasi Windows 8/8.1

Cara Aktivasi Windows 8/8.1 – Sistem operasi Windows 8 keluar dan dirilis oleh perusahaan tekonologi Microsoft pada pada tahun 2012 lalu. Windows 8 hadir dengan tampilan yang lebih modern daripada sistem operasi Windows sebelumnya.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya yakni Windows 7, Windows 8 sedikit kurang peminatnya. Penyebabnya penggunaannya yang sedikit lebih susah karena baik tata letak menu atau fitur-fitur yang ada pada Windows 8 sangat jauh berbeda dengan Windows 7.

Tidak lama setelah mengetahui hal ini, pihak Microsoft langsung mengeluarkan solusi dari permasalahan tersebut dengan mengeluarkan versi yang lebih baru yakni Windows 8.1.

Meskipun peminatnya tergolong sedikit dibanding Windows 7 dan Windows 10, ternyata masih banyak juga pengguna komputer yang memakai sistem operasi Windows 8 karena beberapa alasan.

Nah, jika Anda ingin menggunakan Windows 8/8.1 Anda harus meng-install terlebih dahulu ke dalam komputer/laptop Anda. Untuk Anda yang belum bisa meng-install Windows 8 sendiri, bisa membaca tutorial ini, cara install Windows 8/8.1.

Ketika Windows 8/8.1 sudah selesai di install, Anda belum menggunakannya secara maksimal. Karena saat baru selesai diinstall status Windows 8/8.1 Anda masih trial (percobaan), dan hanya Anda bisa gunakan selama kurang lebih 30 hari.

Untuk itu agar bisa digunakan sepenuhnya dan tanpa ada batas waktu, Anda harus mengaktivasi Windows 8/8.1 menggunakan product key yang bisa Anda beli website asli Microsoft atau marketplace seperti tokopedia, shopee dll.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktivasi Windows 8/8.1. Ada cara yang membutuhkan software pendukung dan ada juga yang tidak memerlukan software pendukung. Cara-caranya adalah sebagai berikut.

Cara Aktivasi Windows 8/8.1 Secara Offline

Cara Aktivasi Windows 8/8.1 Secara Offline

Untuk mengaktivasi Windows 8/8.1 secara offline, Anda perlu mengunduh software activator terlebih dahulu. Anda bisa mencari dan mengunduh activator untuk Windows 8 secara gratis di internet. Agar proses download lebih cepat, disarankan untuk menggunakan VPN.

Sebelum mulai mengunduh, pastikan software activator yang Anda akan download sesuai dengan jenis Windows 8/8.1 yang Anda pakai. Umumnya, software avtivator memiliki ukuran yang kecil, sekitar 2.74 MB saja. Silahkan download di sini.

Jika proses download sudah selesai, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Matikan Antivirus dan Ekstrak Activator

Langkah 1 Aktivasi Windows 8 dengan Activator

Sumber gambar : blogpress.id

Sebelum mengekstrak file activator yang talah diunduh, Anda harus mematikan atau menonaktifkan software antivirus yang ada dalam perangkat komputer/laptop Anda. Karena jika tidak, software activator akan dideteksi sebagai virus dan tidak bisa dibuka.

Jika sudah, silahkan ekstrak file activator yang telah Anda unduh, dengan cara klik kanan pada file activator, kemudian pilih “Extract here”. Setelah itu, buka folder yang sudah diekstrak dan cari file activator dengan format .exe.

  1. Pilih File Activator

Langkah 2 Aktivasi Windows 8 dengan Activator

Langkah selanjutnya, silahkan Anda pilih file activator yang tersedia sesuai dengan bit Windows 8/8.1 yang Anda gunakan. Anda bisa mengecek bit Windows melalui “Setting”, lalu pilih “PC info”. Lihat pada bagian “System Type” untuk mengetahui bit Windows 8/8.1 Anda.

  1. Install Software Activator

Langkah 3 Aktivasi Windows 8 dengan Activator

Untuk meng-install software activator, silahkan klik kanan pada file activator yang sesuaid dengan bit Windows 8/8.1 yang Anda gunakan. Kemudian pilih “Run as administrator”.

Setelah itu akan muncul dialog pada layar untuk memilih versi Windows yang Anda gunakan dan pilihan “install” atau “uninstall”. Silahkan pilih “Install Activation”, lalu klik OK.

Tunggu proses aktivasi sampai selesai. Jika sudah selesai, akan muncul tampilan dialog yang meminta untuk “sign out”, lalu pilih saja OK dan perangkat Anda pun akan restart secara otomatis.

  1. Cek Hasil Aktivasi

Ceka Hasil Aktivasi Windows 8

Terakhir, jika komputer/laptop Anda sudah menyala kembali, Anda bisa mengecek apakah Windows 8/8.1 yang Anda gunakan sudah berhasil diaktivasi. Caranya pergi ke “Setting”, kemudian pilih “PC info”. Selanjutnya lihat pada bagian “Windows Activation”.

Jika terdapar tulisan “Windows is activated” seperti pada gambar, berarti Windows 8/8.1 sudah berhasil diaktivasi.

Baca juga : Cara Install Windows 7

Cara Aktivasi Windows 8/8.1 dengan KMSpico

Selain menggunakan activator, ada cara lain yang bisa Anda ikuti untuk mengaktivasi sistem operasi Windows 8/8.1 pada perangkat komputer/laptop Anda, yaitu dengan menggunakan KMSpico.

KMSpico adalah software yang dikenal ampuh untuk mengaktifkan berbagai seri sistem operasi Windows, termasuk Windows 8/8.1.

Cara menggunakan KMSpico tidak jauh berbeda dengan menggunakan activator, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Matikan Antivirus dan Unduh KMSpico

Sama seperti cara di atas, hal pertama yang harus dilakukan adalah menonaktifkan semua software antivirus yang ada pada komputer/laptop Anda. Kemudian unduh software KMSpico. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di sini.

  1. Install KMSpico

Jika sudah selesai diunduh, selanjutnya silahkan install KMSpico, seperti meng-install software pada umumnya. Tunggu proses instalasi hingga selesai seperti pada gambar.

  1. Buka KMSpico

Setelah selesai terinstal, cari dimana KMSpico Anda simpan pada saat menginstalnya tadi. Jika Anda tidak merubahnya, maka biasanya KMSpico akan tersimpan di local disk C. Jika sudah ketemu silahkan buka folder KMSpico.

  1. Mulai Aktivasi

Dalam folder, klik “AutoPico” dan “KMSELDI”, selanjutnya akan muncul jendela seperti pada gambar. Mulai proses aktivasi dengan mengklik tombol merah, tunggu beberapa saat.

  1. Cek Aktivasi

Jika proses sudah selesai, silahkan lakukan pengecekan aktivasi untuk memastikan sistem operasi Windows 8/8.1 Anda sudah aktif atau belum. Caranya mudah, buka Command Prompt (CMD), lalu ketikan “slmgr/xpr” dan tekan enter. Ingat, saat mengetikan perintah tersebut pada CMD tanpa tanda petik.

Tunggu beberapa saat, dan jika muncul notifikasi seperti pada gambar maka Windows 8/8.1 Anda sudah berhasil diaktivasi.

Cara Aktivasi Windows 8/8.1 Dengan CMD

Untuk cara ini Anda tidak perlu mengunduh software tambahan lagi. Tapi Anda harus memiliki Product Key yang sesuai dengan versi Windows yang Anda gunakan, Windows 8 atau Windows 8.1. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Siapkan Product Key

Pertama, Anda harus menyiapkan Product Key yang sesuai dengan Windows yang Anda gunakan. Jika tidak punya, Anda bisa mencoba salah satu Product key berikut ini.

Product Key

Product Key Windows 8 Enterprise : 32JNW-9KQ84-P47T8-D8GGY-CWCK7

Product Key Windows 8 Professional : NG4HW-VH26C-733KW-K6F98-J8CK4

Product Key Windows 8 Core : BN3D2-R7TKB-3YPBD-8DRP2-27GG4

Product Key Windows 8 Core Single Language : 2WN2H-YGCQR-KFX6K-CD6TF-84YXQ

Product Key Windows 8 Professional N : XCVCF-2NXM9-723PB-MHCB7-2RYQQ

Product Key Windows 8 Professional WMC : GNBB8-YVD74-QJHX6-27H4K-8QHDG

Product Key Windows 8 Enterprise N : JMNMF-RHW7P-DMY6X-RF3DR-X2BQT

Product Key Windows 8.1 Core : M9Q9P-WNJJT-6PXPY-DWX8H-6XWKK

Product Key Windows 8.1 Core N : 7B9N3-D94CG-YTVHR-QBPX3-RJP64

Product Key Windows 8.1 Core Single Language : BB6NG-PQ82V-VRDPW-8XVD2-V8P66

Product Key Windows 8.1 Professional : GCRJD-8NW9H-F2CDX-CCM8D-9D6T9

Product Key Windows 8.1 Professional N : HMCNV-VVBFX-7HMBH-CTY9B-B4FXY

Product Key Windows 8.1 Professional WMC : 789NJ-TQK6T-6XTH8-J39CJ-J8D3P

Product Key Windows 8.1 Enterprise : MHF9N-XY6XB-WVXMC-BTDCT-MKKG7

Product Key Windows 8.1 Enterprise N : TT4HM-HN7YT-62K67-RGRQJ-JFFXW

  1. Atur Waktu dan Lokasi

Kedua, jangan lupa untuk mengatur waktu dan lokasi sesuai dengan tempat Anda berada. Cek pengaturan waktu dan lokasi Anda di Control Panel lalu pilih “Clock, Language, and Region”.

Pilih Date and time, dan matikan “Set time automatically” terlebih dahulu. Jika sudah ubah Time zone menjadi “(UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta”.

Lalu pada Change date and time, silahkan Anda sesuaikan dengan tanggal dan waktu sekarang.

  1. Buka Aplikasi CMD

Ketiga, buka Command Prommpt (CMD) dengan cara mengetik CMD pada pencarian di samping menu Start. Kemudian klik dua kali untuk membuka aplikasi tersebut.

  1. Masukkan Kode

Setelah CMD terbuka  Anda bisa memasukan kode berikut ini secara berurutan dan dipisahkan dengan Enter.

slmgr/ipk PRODUCT KEY

slmgr/skms SERVER

slmgr.vbs/ato

slmgr/ckms

Ingat! Jangan lupa untuk menggati PRODUCT KEY dengan Product Key dengan salah satu Poduct Key pada langakah pertama. Pastikan memilih Product Key yang sesuai dengan versi Windows 8/8.1 yang Anda akan aktivasi.

Untuk SERVER, Anda bisa menggunakan salah satu dari beberapa kode berikut.

Kode Server

Kode pertama : lunar21.no-ip.org:168

Kode kedua : 85.139.164.203.1688

Kode ketiga : walkercorps.zapto.org:1688

Kode keempat : jkbiz1.no-ip.org:1688

Kode kelima : kms.cc.columbia.edu:1688

Kode keenam : fourderltaone.net:1688

Sebagai contoh, berikut ini adalah contoh pengetikan kode-kode aktivasi untuk Windows 8 Professional.

slmgr/ipk NG4HW-VH26C-733KW-K6F98-J8CK4

slmgr/skms 85.139.164.203.1688

slmgr.vbs/ato

slmgr/ckms

Jangan lupa setiap selesai menulis satu baris kode, tekan enter untuk memisahkan satu baris kode dengan baris kode lainnya, sehingga terlihat seperti contoh baris kode di atas.

Jika sampai langkah terakhir kemudian muncul keterangan seperti pada gambar. Artinya, Windows 8/8.1 Anda sudah aktif.

Baca juga : Cara Install Windows 10

Cara Aktivasi Windows 8/8.1 Dengan Microsoft Toolkit

Jika ketiga cara di atas belum berhasil, Anda bisa menggunakan cara ini, yaitu menggunakan Microsoft Toolkit. Silahkan unduh terlebih dahulu softwarenya di internet. Jika sudah, ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Buka Microsoft Toolkit

Langkah Pertama

Sumber gambar : teknosoft87.wordpress.com

Langkah pertama, buka file Microsoft Toolkit yang telah diunduh tadi kemudian ekstrak dan jalankan Microsoft Toolkit. Jika sudah muncul jendela seperti pada gambar, klik logo Windows.

  1. Setting Tab Product Key

Langkah 2 Aktivasi Windows 8 dengan Microsoft Toolkit

Kedua, pilih tab Product Key dan sesuaikan dengan versi Windows yang Anda gunakan. Contoh, Product : Windows 8, dan pada Edition : Professional.

  1. Setting Tab Activation

Langkah 3 Aktivasi Windows 8 Dengan Microsoft Toolkit

Ketiga, pada tab Activation akan terlihat pilihan Tool. Pilih Tool “AutoKMS” agar dapat melakukan aktivasi secara otomatis jika masa aktivasi telah selesai. Lalu klik EZ-Activator.

  1. Proses Aktivasi

Langkah 4 Aktivasi Windows 8 Dengan Microsoft Toolkit

Proses aktivasi membutuhkan waktu beberapa saat. Kemudian apabila muncul keterangan seperti pada gambar, artinya Windows 8/8.1 Anda sudah berhasil diaktivasi.

  1. Cek Aktivasi

Langkah 5 Aktivasi Windows 8 Dengan Microsoft Toolkit

Untuk memastikan apakah Windows sudah teraktivasi dengan benar, maka kita dapat melihatnya dengan mengklik Check untuk melihat remaining time atau jangka waktu aktivasi Windows 8/81 Anda.

Selesai

Atau Anda bisa juga mengeceknya di Control Panel, pilih “System and Security” lalu pilih “System”. Jika Windows 8/8.1 sudah teraktivasi, akan terdapat keterangan seperti berikut.

Nah, itulah beberapa cara aktivasi Windows 8 atau 8.1 beserta langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.  Semua cara di atas sudah terbukti bermanfaat untuk membantu pengguna komputer mengaktivasi Windows 8 maupun Windows 8.1 pada perangkat mereka.

Namun, jika menggunakan satu cara belum berhasil, jangan menyerah! Anda bisa mencoba cara yang lainnya. Semoga turorial kali ini dapat menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat untuk Anda semuanya. Sekian dan terimakasih.

Materi terkait :

Leave a Reply