Cara Aktivasi Windows 10

Cara Aktivasi Windows 10 – Windows 10 merupakan sistem operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft yang kabarnya akan menjadi seri terakhir dari sistem operasi Windows. Tentunya jika dibandingkan dengan sistem operasi Windows 10 memiliki banyak keunggulan.

Tampilan interface Windows 10 lebih elegan dan familier, dengan halaman Start Menu yang sudah dikenal banyak orang. Dari segi performa, Windows 10 juga lebih cepat dibanding dengan Windows 7 atau Windows 8.

Selain itu, jika pada Windows 7 terdapat Internet Explorer sebagai browser bawaan. Pada Windows 10 hal itu digantikan dengan Microsoft Edge yang memiliki kinerja lebih cepat dan lebih mudah digunakan. Windows 10 juga menawarkan tingkat keamanan yang tinggi.

Berkat beberapa keungguluan yang dimiliki Windows 10, banyak pengguna komputer yang beralih dari sistem operasi Windows yang mereka gunakan sebelumnya ke Windows 10, dengan kata lain mereka mengupgrade Windows mereka ke Windows 10.

Untuk Anda yang ingin menggunakan Windows 10, Anda harus meng-installnya terlebih dahulu pada komputer/laptop Anda. Jika Anda belum bisa meng-install Windows 10 sendriri, Anda bisa mengikuti langkah-langkah pada artikel ini, Cara Install Windows 10.

Setelah selesai diinstall, Windows 10 perlu diaktivasi terlebih dahulu agar dapat digunakan secara keseluruhan dan tanpa batas waktu penggunaan. Karena jika belum diaktivasi, Windows 10 masih berstatus trial (percobaan) dan bertahan sekitar 30 hari, tidak permanen.

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan Lisensi Resmi

Lisensi merupakan syarat utama jika Anda ingin melakukan mengaktivasi sistem operasi Windows. Saat melakukan aktivasi, akan lebih aman jika Anda menggunakan lisensi resmi yang dikeluarkan oleh Microsoft. Meskipun ada juga lisensi yang ilegal.

Lisensi asli Windows memang terkenal mahal. Akan tetapi, Anda bisa mendapatkan harga yang terjangkau alias murah dengan membeli lisensi tipe retail di internet.

Tidak perlu khawatir, ada banyak penjual online yang menawarkan lisensi jenis tersebut dan aman tentunya. Hal yang terpenting adalah reputasi dari si penjual, pastikan dia memiliki rating dan komentar yang bagus.

Harga Lisensi Resmi Retail

Di internet banyak beredar lisensi retail dengan kisaran harga Rp25.000,00 – Rp30.000,00. Tentunya nominal ini cukup terjangkau dibanding dengan harga lisensi aslinya. Lalu, apa saja alasan memilih lisensi retail selain harganya yang murah ?

  • Pertama, lisensi Windows 10 jenis retail terkenal bersifat fleksibel. Anda dapat menggunakan atau memindahkan lisensi tersebut ke perangkat lain, namun ingat, tidak boleh digunakan secara bersamaan. Dengan begitu Anda bisa menghemat karena tidak perlu membeli lisensi baru.
  • Alasan yang kedua adalah fleksibilitas pada saat upgrade perangkat keras (hardware). Contohnya seperti kartu grafis, prosesor, hardisk, RAM, dan lain sebagainnya.
  • Satu lagi yang terpenting, membeli lisensi retail bukan hal ilegal. Sehingga Anda juga mendapat dukungan atau support langsung dari pihak Microsoft jika ada kendala dalam proses aktivasi atau penggunaan.

Jenis Lisensi

Lisensi jenis retail dijual secara terpisah. Anda dapat membelinya di website resmi Microsoft atau melalui para penjual online terpecaya.

Nah, yang menjadi pertanyaan, lisensi jenis apa saja yang tersedia di pasaran selain jenis lisensi retail ?, salah satunya ada versi OEM atau Original Equipment Manufacturer.

Diantara versi retail dan OEM memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meski demikian, banyak pengguna komputer yang memilih linsensi versi retail untuk mengaktivasi sistem operasi Windows pada perangkat mereka.

Selain itu, orang-orang yang memilih membeli lisensi retail juga tidak ingin repot jika suatu saat ingin mengganti komputer atau melakukan upgrade perangkat keras.

Setelah menemukan penjual yang sudah terpercaya, Anda bisa langsung membeli produk lisensi Windows 10 versi retail tersebut. Harganya murah dan cara mendapatkannya juga cukup mudah.

Lakukan pembayaran dan lisensi Anda akan dikirim melalui e-mail. Lisensi yang dikirim berupa kode atau biasa yang disebut Product Key. Kode ini yang nantinya harus Anda masukkan saat melakukan aktivasi pada Windows 10 Anda.

Hapus Lisensi Lama

Sebenarnya tahap ini adalah tahap opsional. Artinya, Anda tidak wajib melakukannya jika Anda tidak pernah melakukan aktivasi secara ilegal pada Windows 10 yang sedang Anda gunakan.

Namun, jika Anda sudah pernah melakukan aktivasi dengan cara ilegal atau curang, sebaiknya Anda menghapus terlebih dahulu lisensi lama tersebut sebelum Anda melakukan aktivasi dengan lisensi resmi.

Lalu, bagaimana caranya ?, Berikut ini langkah-langkah menghapus lisensi lama yang bisa Anda ikuti.

  • Buka halaman Command Prompt atau CMD dengan megklik kanan dan pilih mode “Run as Administrator”.

Cara Menghapus Product Key Windows 10

  • Setelah CMD terbuka, ketikkan di dalamnya kode “slmgr/upk” dan tekan Enter. Ingat, ketikan kode tanpa tanda petik (“).

Langkah 3 Cara Menghapus Product Key Windows 10

  • Setelah itu, ketik “vbs/cpky” tanpa tanda petik. Kemudian takan tombol Enter.

Langkah 3 Cara Menghapus Product Key Windows 10

  • Jika sudah, silahkan restart perangkat Anda dan lisensi lama Anda sudah terhapus. Dengan begitu proses aktivasi Windows 10 menggunakan lisensi Windows versi retail dapat dimulai setelah ini.

Proses Aktivasi Windows 10 dengan Lisensi Baru

Setelah Anda menghapus lisensi lama, Maka Anda bisa mulai mengaktivasi Windows 10 Anda dengan lisensi baru.  Namun sekali lagi untuk Anda yang belum pernah melakukan aktivasi dengan lisensi ilegal, bisa langsung mulai tanpa menghapus lisensi lama.

Jangan lupa siapkan lisensi yang telah Anda beli tadi, dan ikuti langkah-langkah berikut :

Masuk Menu Setting

  • Klik menu Start berupa logo Windows letaknya ada di pojok kiri bawah layar desktop perangkat Anda.
  • Jika sudah muncul jendela menu Start, silahkan cari menu Settings atau pengaturan.
Cara Aktivasi Windows 10

Cara Aktivasi Windows 10

  • Setelah masuk di menu Setting, cari fitur “Update & security” kemudian klik dua kali.
Cara Aktivasi Windows 10

Cara Aktivasi Windows 10

  • Selanjutnya masuk menu Activation.
Langkah 3

Cara Aktivasi Windows 10

Masukkan Product Key

  • Setelah masuk pada halaman Aktivasi, Anda akan dapat melihat informasi tentang versi Windows yang sedang Anda pakai. Dibagian bawah tampilan, terdapat tombol bertuliskan “Change Product Key”. Silahkan tekan tombol tersebut.

Change Product Key

  • Kemudian Anda akan diminta memasukkan Product Key. Copy lisensi atau Product Key yang sudah Anda beli sebelumnya, lalu pastekan pada jendela tersebut.

Masukan Product Key

Tunggu Proses Aktivasi

  • Untuk memastikan proses aktivasi berjalan lancar, pastikan komputer/laptop Anda sudah terhubung dengan jaringan internet. Proses validasi akan memerlukan waktu beberapa saat.
Proses Validasi

Sumber gambar : blogpress.id

  • Jika proses validasi sudah selesai dan kemudian muncul notifikasi bertuliskan “Windows is activated”, maka proses aktivasi Windows 10 Anda telah berhasil dan dapat digunakan secara permanen.

Selesai Aktivasi

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan Software

Jika Anda tidak memiliki Product Key dan tidak ingin membeli lisensi resmi baik versi retail atau OEM, Anda tetap bisa melakukan mengaktivasi sistem operasi Windows 10 pada komputer/laptop Anda.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah memanfaatkan bantuan software pendukung. Kerena tidak menggunakan Product Key asli yang di dapat dari membeli lisensi resmi, maka cara ini termasuk kurang aman tidak disarankan.

Karena jika tidak membeli lisensi asli dari Microsoft maka kita tidak mendapat dukungan pelayanan dari pihak Microsoft. Anda juga tidak bisa melakukan update sistem, karena jika hal ini Anda lakukan bisa jadi terdeteksi oleh pihak Microsoft dan Windows 10 Anda di blokir.

Maka dari itu ketika selesai mengaktivasi Windows 10 menggunakan bantuan software, Anda harus mematikan fitur Windows Update Anda.

Jika Anda lebih memilih mengaktivasi menggunakan bantun software saja, berikut beberapa cara yang bisa Anda ikuti.

  1. Cara Aktivasi Windows 10 Dengan KMSAuto Lite

Software pertama yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda mengaktivasi Windows 10 Anda adalah KMS Auto Lite. Selain pada Windows, Anda juga bisa menggunakan KMS Auto Lite untuk mengaktivasi software Microsoft Office.

Untuk melakukan aktivasi Windows 10 menggunakan KMS Auto Lite, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pastikan Anda sudah memiliki software KMS Auto Lite, jika belum silahkan download di sini.
  • Jika proses download selesai, silahkan ekstrak file KMS Auto Lite.
  • Selanjutnya, buka folder yang sudah diekstrak tadi. Terdapat 2 file didalamnya yaitu KMSAuto x64 dan KMSAuto. Jika Windows 10 yang Anda gunakan versi 64-bit maka pilih KMSAuto x64, dan jika Anda menggunakan Windows 10 versi 32-bit silahkan pilih KMSAuto. Jalankan dengan klik kanan pada file, lalu pilih “Run as administrator”.
Cara Aktivasi Windows 10 Dengan KMSAtuto Lite

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan KMSAtuto Lite

  • Jika muncul jendela KMS Auto Lite, lakukan tiga langkah bertikut. Pertama, silahkan pilih opsi “Install GVLK”, kemudian centang “Forcibly”, terakhir silahkan tekan “Windows key”.
Cara Aktivasi Windows 10 Dengan KMSAtuto Lite 2

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan KMSAtuto Lite

  • Jika proses berhasil, maka akan muncul keterangan KEY INSTALLED SUCCESSFUL. Berikutnya, silahkan klik “Activate Windows” untuk mengaktivasi Windows 10 yang Anda gunakan. Tunggu proses selesai.
Cara Aktivasi Windows 10 Dengan KMSAtuto Lite 3

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan KMSAtuto Lite

  • Nah, jika muncul keterangan ACTIVATION SUCCESSFUL, maka Windows 10 Anda sudah berhasil diaktivasi.
Cara Aktivasi Windows 10 Dengan KMSAtuto Lite 4

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan KMSAtuto Lite

Setelah Anda selesai melakukan aktivasi dengan cara di atas, silahkan periksa kembali apakah Windows 10 yang Anda gunakan sudah benar-benar teraktivasi atau belum. Jika sudah maka Anda bisa menggunakan Windows 10 secara permanen, namun jika belum Anda bisa mencoba cara selanjutnya.

  1. Cara Aktivasi Windows 10 Dengan KMSpico

Aktivasi Dengan KMSPico

Cara keduan yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan software KMSpico. Sebenarnya software ini mirip dengan KMS Auto Lite, hanya saja KMSpico lebih mudah untuk digunakan. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, siapkan aplikasi KMSpico, jika belum punya Anda bisa mengunduhnya di sini.
  • Setelah selesai diunduh, silahkan ekstrak file KMSpico dengan mengklik kanan pada file kemudian pilih “Ekstrak Here”.
  • Masuk file yang sudah diekstrak tadi kemudian cari KMSpico, klik kanan dan pilih “Run as administrator”.

Windows 10 Dengan KMSPico

  • Setelah itu KMSpico akan melakukan proses aktivasi Windows 10 pada komputer/laptop Anda. Jika sudah muncul keterangan “complete”, artinya Windows 10 sudah berhasil diaktivasi.

Cek Aktivasi

Untuk memastikan kembali bahwa Windows 10 yang Anda gunakan sudah berhasil di aktivasi, silahkan Anda cek kembali di Control Panel. Kemudian pilih System and Security, setelah itu pilih System. Jika di dalam tampilan System terdapat tulisan “Windows is activated“, maka Windows 10 Anda sudah teraktivasi dengan benar.

Itulah beberapa cara aktivasi Windows 10 yang bisa Anda ikuti untuk mengaktifkan Windows 10 pada komputer/laptop Anda. Namun cara yang paling saya rekomendasikan adalah cara yang pertama yaitu menggunakan lisensi resmi. Karena akan lebih aman dan memiliki beberapa manfaat.

Manfaat Menggunakan Lisensi Asli

  • Jika sistem operasi Windows 10 Anda melakukan update, komputer/laptop Anda tidak akan mengalami kendala setelahnya. Namun jika Anda menggunakan lisensi palsu, setelah proses update tampilan desktop Anda akan menjadi hitam polos. Itu menandakan saat proses update, pihak Microsoft mendeteksi komputer/laptop Anda telah melanggar hak cipta karena menggunakan lisensi tidak resmi.
  • Sistem akan melakukan pembaharuan (update) secara berkala guna meningkatkan kinerja Windows dan mengatasi masalah (bug).
  • Menggunakan lisensi resmi memungkinkan Anda menggunakan semua fitur yang tersedia pada Windows 10 secara bebas.
  • Mendapat bantuan pelayanan langsung dari pihak Microsoft, jika suatu saat terjadi masalah.

Sekian tutorial cara aktivasi windows 10 yang bisa saya bagikan untuk Anda semua. Semoga beberapa cara di atas dapat membantu Anda mengaktivasi Windows 10 pada komputer/laptop Anda.

Untuk Anda pengguna sistem operasi Windows 7 dan Windows 8 dan belum diaktivasi, bisa melihat cara mengaktivasinya di :

Semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Reply