7 Tips Jitu Belajar Fotografi untuk Pemula (Mudah Dipahami)

Pengertian Fotografi – Tau Ta Fotografi itu apa? Fotografi Atau Photography Berasal dari bahasa Yunani Kuno, yaitu Fos” adalah Cahaya dan Grafo” adalah Melukis atau Menulis. Secara umum Fotografi itu berarti Seni Melukis/Menghasilkan gambar dari objek yang ingin direkam dengan memanfaatkan cahaya, dan biasanya alat yang digunakan adalah Kamera. Berikut ini adalah Beberapa Penjelasan tentang Fotografi.

A. Sejarah Fotografi

Sejarah Fotografi

Tahun 1839 merupakan tahun awal kelahiran fotografi. Pada saat itu, di Perancis Fotografi sudah dinyatakan sebagai terobosan teknlogoi. Saat itu, rekaman dua dimensi seperti yang dilihat mata sudah bisa dibuat permanen.

Pada abad ke-5 Sebelum Masehi , seorang pria bernama Mo Ti mengamati suatu gejala. Jika pada dinding ruangan yang gelap terdapat lubang kecil (pinhole), maka di bagian dalam ruang itu akan terefleksikan pemandangan di luar ruang secara terbalik lewat lubang tadi. Beliau adalah orang pertama yang menyadari fenomena kamera obscura.

Berabad-abad kemudian, banyak yang menyadari dan mengagumi fenomena ini, salah satunya pada tahun 1558, seorang ilmuwan Italia, Giambattista della Porta menyebut ”camera obscura” pada sebuah kotak yang membantu pelukis menangkap bayangan gambar.

Nama kamera obscura diciptakan oleh Johannes Kepler pada tahun 1611. Johannes Kepler mendesain kamera portabel dibuat seperti sebuah tenda, dan memberi nama alat tersebut kamera obscura. Didalam tenda sangat gelap kecuali sedikit cahaya yang ditangkap oleh lensa, yang membentuk gambar keadaan di luar tenda di atas selembar kertas.

B. Fotografi Adalah Seni

Fotografi Landscape

Seni dalam Fotografi itu selalu ada makna nya, semua orang bisa menghasilkan gambar tapi tidak semua nya bisa menampilkan apa seni yang mereka tunjukkan kebanyakan hanya asal mengambil gambar dan berpikir kalau hasilnya sudah bagus.

Untuk menampilkan ata menonjolkan seni dari fotografi adalah Komposisi, dengan memahami komposisi dalam fotografi maka gambar yang dihasilkan akan dapat menceritakan makna dari gambar tersebut. Belajar seni fotografi bisa dari berbagai sumber.

Hal yang harus Anda lakukan adalah memahami ilmu nya secara mendalam. Fotografi adalah seni mengabadikan objek dari sebuah lensa atau kamera, yang kemudian hasilnya akan dicetak menjadi karya visual yang membuat orang lain tertarik. Mari langsung kita Pelajari tips yang bisa dipraktekkan saat mempelajari seni fotografi.

1. Bacalah Buku Manual dari Kamera Anda

Saat pertama kali kita membeli kamera, lebih baik membaca buku manual tentang kamera tersebut dahulu, sehingga tidak ada kesulitan yang didapatkan saat sedang mengaplikasikan kamera, karena kita sudah mengetahui menu – menu serta fitur yang ada pada kamera yang telah kita beli. Semakin mengenali kamera kita maka akan semakin baik hasil yang diperoleh.

2. Menemukan Sesuatu untuk Dijadikan Sasaran

Kita harus mencari tau apa yang akan menjadi sasaran kamera Kita. Jangan membuang waktu dan uang secara sia – sia setelah memiliki kamera tanpa tau tujuan dan maksud belajar seni Fotografi. Tetapi, disaat kita sudah mempelajari tentang seni Fotografi, semua yang ada disekeliling kita bisa dijadikan sebagai sasaran dalam meluangkan Kreatifitas kita.

3. Belajar Tentang Exposure

exposure

Exposure adalah kombinasi dari tiga Komponen utama yang mengontrol jumlah cahaya yang diperbolehkan untuk berinteraksi dengan sensor kamera Anda atau film, yaitu :

– Shutter speed

– Aperture

– Film speed (ISO)

dengan memahami dan mengkombinasi kan cara kerja 3 komponen tersebut, mungkin anda bisa mencari tahu selera Exposure anda sendiri.

4. Belajar Tentang Komposisi

Untuk mendapatkan hasil yang bagus dalam fotografi, kita harus paham yang namanya komposisi yang tentunya kita akan berhubungan dengan emosi, gerak, warna dan berbagai variabel lainnya. Sering – Seringlah Dalam mempraktekkan nya sehingga anda akan mendapatkan hasil yang terbaik.

5. Bergabung Dengan Komunitas Fotografer

Mengembangkan ide dalam memotret yang kreatif, tidak harus sendirian, kita bisa ambil alternatif lain yaitu, dengan bergabung dengan komunitas Fotografer. Dimana kita bisa saling sharing ilmu seputar fotografer dan sebagainya.

6. Tetaplah Memotret

komposisi foto

Tetaplah memotret! Tidak ada yang bisa mengalahkan pengalaman. Kita bisa saja mengikuti kursus fotografi yang diinginkan, membaca semua buku tentang fotografi, membicarakannya, dan membaca artikel, selain itu tidak ada yang akan membantu Anda mengambil foto yang lebih baik daripada Anda pergi keluar dan mempraktekkan sendiri.

Karena semakin banyak kita memotret, semakin bagus hasil kita dalam meningkatkan kemampuan di bidang ini. Tentu saja, ada dasar dalam fotografi. Ada aturan dan pedoman untuk menjadi seorang fotografer yang efektif. Namun mempraktekan sendiri menjadi satu-satunya cara untuk menguasai ilmu ini.

Disaat kita telah menguasai dan memahami orang-orang fundamental, Anda akan lebih siap untuk menjatuhkan atau menghancurkan mereka ketika kita perlu menemukan jati diri kita untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar unik dan bagus.

7. Mempelajari Sekeliling Kita

Sesuatu yang harus kita pelajari adalah sekeliling kita. Karena sebagai Fotografer kita harus melihat dunia 3 Dimensi tanpa batas. Demi memotivasi Fotografer dalam memusatkan perhatian dan mencoba mengambil momen itu. Jadi, Dimanapun dan kapanpun kita berada kita harus merasa “gatal” untuk memotret dan mendapatkan hasil yang sempurna.

Apakah Kalian Sudah Tertarik untuk Belajar Seni Fotografi ?Jika sudah saatnya untuk mengekspose hasil karya kalian dan memberi tau dunia tentang pemahaman kalian.

Belajar Fotografi

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply