Aplikasi Belajar

Aplikasi Belajar – Di era digital saat ini dan juga keadaan covid saat ini yang tidak memungkinkan untuk pembelajaran dengan tatap muka atau offline. Maka adanya aplikasi belajar online untuk menunjang beberapa mata pelajaran yang dibutuhkan oleh semua kalangan pelajar mulai SD, hingga SMA.

Karena itu juga, pemerintah lewat Kemendikbud RI, bekerjasama dengan beberapa aplikasi yang menyediakan aplikasi pembelajaran daring untuk pembelajaran jarak jauh.

Aplikasi Belajar

Macam-macam Aplikasi Belajar :

  1. Aplikasi Belajar Ruangguru

Aplikasi Belajar Ruangguru

Ruangguru / Sumber image : play.google.com

Aplikasi yang pertama ini cukup terkenal dan banyak yang tau tentang aplikasi Ruangguru yang merupakan aplikasi bimbingan belajar online yang memiliki banyak fitur untuk memudahkanmu memahami materi-materi yang kamu pelajari.

Aplikasi ruangguru juga menyediakan fitur:

  • Marketplace Les Privat
  • Platform Ujian Online
  • Bermacam-macam mata pelajaran SD,SMP, hingga SMA
  • Layanan untuk kelas virtual
  • Pembelajaran mulai SD hingga SMA Live Streaming jam 08.00 sampai 12.00

Pada aplikasi ruangguru juga memiliki keunggulan untuk sesi tanya jawab antara guru dengan murid baik secara chat atau video call. Tetapi, fitur pengguna chat, video call dengan guru, kamu akan dibebankan biaya yang sudah ditetapkan dengan waktunya.

  1. Zenius

Zenius

Zenius / Sumber image : play.google.com

Aplikasi selanjutnya yaitu Zenius yang sudah berpengalaman yang cukup lama sejak tahun 2004. Aplikasi zenius ini mempunyai fitur untuk penunjang belajar online, mulai dari tingkat SD, SMP, SMK, hingga kuliah lewat dengan bermacam-macam video dan konten yang ada didalamnya lengkap dengan kurikulum 2013, KTSP, Kurikulum 2013.

Selain itu fitur yang diandalkan oleh zenius yaitu persiapan simulasi UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), UNBK, SNMPTN, SIMAK UI, UTUL UGM, dan STAN. Yang sekarang menjadi persyaratan untuk masuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Tidak hanya itu saja, Zenius juga menyiadakan untuk materi-materi Tryout yang bisa kamu buat untuk latihan mengerjakan soal sebelum ujian, kamu bisa lihat hasilnya dan ada pembahasan dari soal yang kamu kerjakan.

Para pengguna Zenius kamu bisa menikmati konten-konten yang tersedia di program ini dengan gratis. Selain gratis, hampir semua video pembelajaran online atau daring dalam format whiteboard yang hanya menggunakan kuota hemat internet.

  1. Edmodo

Aplikasi Edmodo

Edmodo / Sumber image : play.google.com

Belajar sekarang tidak harus datang ke tempat kursus yang mahal dan duduk didalam kelas. Pada dasarnya, di aplikasi edmodo bisa untuk siswa belajar di rumah dengan cara online. Fitur tampilan yang baru bisa menghubungkan antar guru, orang tua, dan murid untuk pemantauan kegiatan dalam belajar mengajar.

Tidak hanya itu edmodo juga menyediakan fitur chatting atau pesan langsung yang menghubungkan murid dengan guru secara pribadi untuk pembahasan PR, soal-soal, dan ujian.

Aplikasi edmodo juga memberi tugas dan materi ke murid, dan guru juga bisa memperoleh survei dari pembelajaran yang telah mereka lakukan pada aplikasi pembelajaran online ini.

  1. Aplikasi Belajar Brainly

Brainly

Brainly / Sumber image : play.google.com

Berikutnya yaitu forum belajar Brainly. Aplikasi forum komunitas pelajar yang terbesar di dunia, yang mana lebih 100 juta orang yang ikut berpartisipasi dalam forum ini. Tetapi aplikasi menggunakan bahasa Inggris.

Cara untuk menggunakan aplikasi ini kamu bisa memberi soal yang belum kamu mengerti. Nanti para pengguna Brainly akan menjawab soal yang kamu beri lengkap dengan penjelasaan yang jelas dan mudah untuk dipahami.

Dengan adanya aplikasi Brainly, para pelajar bebas untuk bertanya tentang soal-soal pelajaran yang belum dipahami, seperti pelajaran Kimia, Matematika, Biologi, Fisika, Bahasa Inggris, sampai dengan pelajaran tentang musik ada pada aplikasi ini.

Jadi kamu tidak perlu bingung lagi saat mengerjakan PR, tapi tidak tau jawabannya. Dengan aplikasi ini kamu bisa menjawabnya dan bisa memahami pelajarannya.

  1. Rumah Belajar

Rumah Belajar

Rumah Belajar / Sumber image : play.google.com

Aplikasi dari Kememdikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia) yaitu aplikasi belajar online atau daring yang gratis dan diberi nama Rumah Belajar. Dengan tujuan sebagai alternatif untuk sumber belajar dengan menggunakan teknologi.

Hampir sama dengan Ruangguru, aplikasi Rumah Belajar ini aplikasi  belajar online yang menyediakan konten-konten audio visual, gambar, video yang lengkap dan interaktif.

Fitur Rumah Belaja yang bisa digunakan oleh guru dan murid gratis :

  • Laboratorium Maya
  • Bank Soal dari tingkat SD, S
  • Buku Sekolah Elektronik
  • Kelas Digital
  • Sastra
  • Sumber Belajar
  • Karya Bahasa
  • Peta Budaya
  1. Quipper

Aplikasi Quipper

Quipper / Sumber image : play.google.com

Selanjutnya ada Quipper yang menyediakan pembelajaran secara online, tetapi kamu juga bisa menggunakan apliksi Quipper dengan offline dengan cara mengunduhnya. Quipper ini memiliki beberapa materi yang lengkap dan sesuai dengan kurikulum yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Untuk kamu yang sering lupa atau malas belajar, aplikasi ini juga bisa membuatkanmu jadwal mingguan supaya dalam belajar kamu lebih rajin dan teratur. Jika kamu ingin menggunakan konten-konten yang premium yang ada di Quipper ini kamu harus berlangganan tiap bulan terlebih dahulu untuk menggunakannya.

  1. Kelas Pintar

Kelas Pintar

Kelas Pintar / Sumber image : play.google.com

Kelas Pintar juga salah satu sistem pembelajaran edukasi di masa digital, memberi solusi belajar yang lengkap mulai dari siswa SD, SMP, hingga SMA. Menggunakan teknologi yang terkini untuk membantu murid dan guru dalam praktik belajar mengajar yang baik.

Para pengguna kelas pintar bisa belajar sesuai dengan kebutuhan karakter masing-masing individu, secara audio, kinestetik, dan visual. Dengan metode belajar yang interaktif menggunakan ebook, animasi, dan video. Jadi lebih efektif belajar di aplikasi kelas pintar dan menjadi sangat mudah.

Selain itu, terdapat soal dalam bentuk VBQ (Value Based Questions), HOTS (High Ordet Thinking Skills), dan Virtual Lab, dan dilakukan evaluasi dengan Tes periodik, Tes Adaptif, dan Soal Pilihan Ganda. Aplikasi Kelas Pintar ini sudah ada di India, Afrika Selatan, UAE, dan Singapura.

  1. KelasKita

Aplikasi belajar online selanjutnya yaitu KelasKita yang menyediakan pilihan belajar kapan saja dan dimana saja. Yang memiliki fitur unik yaitu fitur sosial yang bisa kamu gunakan untuk berdiskusi atau chating dengan para pengguna lainnya sehingga belajar kamu lebih menyenangkan dengan banyak orang.

Tidak hanya materi pembelajaran formal pada umumnya, aplikasi edukasi ini juga bisa untuk meningkatkan skill yang kamu miliki dan keahlian dengan berbagai materi seperti desain grafis, pemograman dasar, cara membuat website, dan masih banyak lainnya.

  1. Aplikasi Belajar Sekolahmu

Aplikasi Belajar Sekolahmu

Sekolahmu / Sumber image : play.google.com

Rekomendasi aplikasi yang terakhir yaitu Sekolahmu, yang menyediakan fitur live streaming mata pelajaran dengan tingkatan yang sudah di sediakan. Pada program balajar tanpa batas, Sekolahmu memunculkan kempetensi pada semua anak dengan berbagai tingkatan dan usia.

Terdapat banyak fitur di aplikasi sekolahmu seperti kalender belajar, belajar live, ujianmu, hingga prakerja. Tetapi ada beberapa program unggulan yang bisa kamu gunakan dengan membayar setiap programnya dengan harga yang sudah ditentukan.

Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi dengan HP kamu miliki sudah bisa belajar dari rumah, sekarang sudah banyak aplikasi belajar untuk menunjang pembelajaran tanpa membayar cukup dengan koneksi internet saja.

Ketika kamu belajar dari rumah jangan lupa untuk terus giat dan semangat mempelajarinya, supaya nilai kamu terus meningkat.

Baca juga : Aplikasi Novel Gratis

Leave a Reply