Aplikasi Al–Qur’an

Aplikasi Al–Qur’an – Al – Qur’an ialah kitab sucinya umat islam yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril sebagai petunjuk umat manusia. Al – Qur’an diturunkan tidak secara langsung tetapi secara berangsur – angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari. Dalam Al – Qur’an terdapat 30 juz dengan 114 surat yang di turunkan di tempat Mekkah dan Madinah. Para umat islam menghormati Al – Qur’an sebagai Mukjizat terbesar.

Isi dari Al – Qur’an ialah sebuah petunjuk. Terkadang juga berisi tentang cerita kita bersejarah, dan juga tentang pentingnya sebuah moral. Fungsi dari Al-Qur’an ialah sebagai petunjuk bagi umat manusia Islam, Sebagai sumber ajaran agama Islam dan pengajaran bagi umat manusia Islam.

Seiring dengan berkembangnya zaman, kini Al – Qur’an bisa kita gunakan dalam bentuk aplikasi Handphone. Aplikasi ini memudahkan para umat islam untuk membaca Al–Qur’an dimana saja dan kapan saja hanya melalui Handphone kamu.

Aplikasi ini beberapa dilengkapi dengan terjemahan, tajwid, dan juga audio untuk mendengarkan Murottal.

Aplikasi Al-Qur'an

Sumber image : blog.anteraja.id

Berikut ini Aplikasi Al – Qur’an yang bisa kamu gunakan:

  1. Qur’an Pro

Quran Pro

Quran Pro / Sumber image : play.google.com

Aplikasi Qur’an Pro salah satu aplikasi Al Qur’an yang terbaik. Aplikasi ini memiliki keistimewaan, yaitu kamu bisa mendengarkan murottal Al – Qur’an dari pembaca yang terbaik di dunia, seperti Sheikh Mishary Rashid Alafas, Abdul Rahman Al-Sudais, dan Cheikh Saad al Ghamedi. Ada pula Fatih Seferagic yang cukup terkenal di tanah air sebagai pemuda yang pandai dalam agama.

Aplikasi ini di rancangkan oleh Quanticapps Ltd pada tanggal 27 Desember 2014. Dengan tampilan yang sederhana yang bisa membuat kamu seperti membaca Al –Qur’an pada kitabnya langsung. Kamu bisa mengunduh surat yang ada di aplikasi dan membacanya dengan offline. Aplikasi ini juga memiliki terjemahan dengan 30 bahasa. Termasuk bahasa Inggris, Belanda, Italia, Spanyol, Perancis, dan masih banyak yang lainnya.

  1. Al  Qur’an Indonesia

Aplikasi Al-Quran Indonesia

Al Quran Indonesia / Sumber image : play.google.com

Aplikasi Al Qur’an Indonesia ini disertai dengan terjemahan Al Qur’an bahasa Indonesia dan juga audio Mp3 murottal full dengan 30 juz atau 114 surah tanpa ada pembatasan. Menariknya pada aplikasi ini ialah bisa kamu baca secara offline dan tampilannya freindly yang menyejukkan hati . Di aplikasi ini juga tersedia tema yang berwarnakan terang dan gelap atau dark mode.

Aplikasi ini Indonesia juga menyediakan beberapa fitur yang bisa kamu gunakan seperti, Jadwal Sholat, Imsakiyah, Arah Kiblat, Pencarian ayat – ayat Al – Qur’an, Kalender Hijriah, dan Audio Murottal.

Aplikasi ini memiliki 8 qori yang membacakan 30 juz Al – Qur’an. Bisa kamu pause, play, next, dan repeat.

  1. MyQur’an Al – Qur’an

MyQuran Al Quran

MyQuran Al Quran / Sumber image : play.google.com

Aplikasi MyQur’an Al – Qur’an ini memiliki tampilan yang elegan dan mudah untuk digunakan. Dengan tampilan yang elegan kamu akan merasa mebaca Al – Qur’an Indonesia dengan tajwid berwarna – warni. Kamu bisa mendownload aplikasi ini di google play store yang ada di Handphone kamu.

Aplikasi MyQur’an Al –Qur’an memiliki fitur audio yang bisa kamu dengar secara offline. Tidak hanya itu aplikasi ini juga terdapat beberapa kumpulan doa – doa. Bahkan aplikasi ini juga menyimpan surat terakhir yang kamu baca sebagai penanda bacaan terakhir. Aplikasi ini juga tidak akan ada iklan sama sekali. Walau aplikasi ini bisa digunakan secara gratis,tapi aplikasi ini memiliki beberapa fitur tambahan yang hanya bisa di gunakan pada versi premium saja.

Aplikasi MyQur’an ini sudah mendapatkan sertifikasi dari Kemenag RI (Kementerian Agama Republik Indonesia). Tidak itu saja, aplikasi ini juga memiliki sertifikat tashih oleh Kemenag RI.

  1. Muslim Pro Muslim

Muslim Pro Muslim

Muslim Pro Muslim / Sumber image : play.google.com

Aplikasi ini di kembangkan oleh Muslim Pro Limited dari singapura pada tanggal 12 April 2011. Dan telah digunakan oleh 50 juta pengguna yang ada di dunia. Aplikasi Muslim Pro Muslim tidak hanya aplikasi yang Al – Qur’an per Juz saja karena aplikasi ini memiliki banyak fitur lain yang membuatnya sangat komprehensif.

Aplikasi Muslim Pro Muslim memiliki fitur yang paling lengkap. Aplikasi ini tidak hanya Al – Qur’an, tetapi ada fitur adzan, jadwal sholat, arah kiblat, restoran halal, peta masjid, kalender hijriah, asma’ul husna.

  1. Qur’an For Android

Quran For Android

Quran For Android / Sumber image : play.google.com

Aplikasi Qur’an for Android ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah untuk digunakan. Tampilannya yang memiliki konsep gelap terang dan memiliki dark mode yang bisa membuat mata nyaman untuk melihatnya ketika malam hari.

Aplikasi Qur’an For Android ini lengkap tanpa ada batasan dengan terjemahan dan tafsir Al – Qur’an sampai 20 bahasa. Fitur lainnya sepertinya pemutaran audio, fungsi bookmark, pengualangan audio dan menandai ayat.

  1. Al Qur’an MP3 (Full Offline)

Aplikasi Al-Qur’an MP3 (Full Offline)

Al Qur’an MP3 (Full Offline) / Sumber image : play.google.com

Aplikasi yang lainnya yaitu Al Qur’an MP3 (Full Offline) ini memiliki fitur terjemahan, murottal MP3, penanda ayat terakhir yang sudah dibaca. Aplikasi ini juga memiliki fitur zoom untuk memperbesar dan memperkecil tampilan ayat Al – Qur’an. Aplikasi ini menggunkan font kemenag.

  1. Al Quran (Tafsir & Per Kata)

Al Quran (Tafsir & Per Kata)

Al Quran (Tafsir & Per Kata) / Sumber image : play.google.com

Aplikasi Al Quran (Tafsir & Per Kata) ini dikembangkan oleh Greentech Apps Foundation. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang diunggulkan, seperti indeks ayat , kode tajwid berwarna, terjemahan per kata, penanda bacaan, memilih tema dan yang lainnya.

Aplikasi ini juga sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Inggrus, Arab, Malaysia, dan lain – lain. Tidak hanya itu aplikasi ini juga bisa untuk mendegarkan lantunan ayat suci Al – Qur’an yang di bacakan kurang lebih 30 qori’.

  1. Al Quran Tajwid, Tafsir, Audio

Al Quran Tajwid, Tafsir, Audio

Al Quran Tajwid, Tafsir, Audio / Sumber image : play.google.com

Aplikasi Al Quran Tajwid, Tafsir, Audio ini dikembangkan oleh Zayn Apps. Aplikasi ini memiliki fitur murottal yang lumayan lengkap dengan 10 qori’ pilihan lengkap dengan 30 juz 114 surat. Aplikasi ini juga memiliki fitur tafsir jalalain lengkap 30 juz dengan bahasa Indonesia.

  1. Al’Quran Bahasa Indonesia

Al'Quran Bahasa Indonesia

Al’Quran Bahasa Indonesia / Sumber image : play.google.com

Aplikasi Al’Quran Bahasa Indonesia sesuai dengan namanya yang kamu bisa baca Al – Qur’an dalam bahasa Indonesia. Aplikasi ini juga memiliki warna tajwid untuk memudahkan kamu dalam membacanya. Tapi untuk versi yang gratis, fitur tajwid warna ini hanya ada pada 2 surat pertama. Kamu bisa mengupgrade ke versi premium untuk mendapatkan fitur secara penuh.

Aplikasi Al’Quran Bahasa Indonesia memiliki fitur alarm sholat sesuai dengan lokasi kamu, kumpulan doa, fungsi untuk menyalin ayat ke clipboard, dan audio untuk mebacakan ayat Al – Qur’an. Tidak hanya itu kamu juga bisa untuk swipe ke kanan dan kiri untuk melihat surat sebelum dan sesudahnya.

Dengan aplikasi terbaik yang ada diatas, kamu bisa memilih aplikasi yang mana sesuai dengan kebutuhanmu dan yang cocok. Dengan perkembangan yang teknologi yang pesat ini memudahkanmu untuk membaca Al – Qur’an. Yang pasti, aplikasi – aplikasi yang ada di atas akan membantumu untuk membaca Al – Qur’an di mana saja dan kapan saja. Hampir semua Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis. Jika kamu sudah mendownload file audio murottal pada aplikasi tersebut, kamu bisa menggunakan saat offline tanpa harus ada jaringan internet.

Baca juga : Aplikasi Penghasil Uang

Leave a Reply