12+ Alat Musik Tradisional Khas Betawi, Gambar dan Keterangannya [Lengkap]

Alat Musik Tradisional Betawi – Berbicara Mengenai Alat Musik Tradisional Betawi tentunya alat music Tradisional Betawi Sudah Memiliki berbagai ragam dan berbagai bentuk seperti di daerah – daerah lainnya.

Mulai dari alat music di tiup,gesek,pukul dan memiliki fungsi atau peranan masing – masing.

Alat musik betawi seringkali digunakan pada acara-acara tertentu seperti pertunjukan kesenian tradisional, acara adat, hingga pengiring pertunjukan cerita rakyat Si Pitung yang cukup terkenal di kalangan masyarakat luas.

Jenis Alat Musik Tradisional Betawi

Alat music tradisional betawi banyak memiliki alat music yang cukup beragam.pada penjelasan kali ini akan membahas tentang :

  • Material atau bahan dasar alat music
  • Fungsi atau kegunaan
  • Cara memainkan
  • Sejarah
  • Dan lain lain

Berikut penjelasan tentang Alat – Alat music Betawi :

Gambang Kromong

alat musik betawi

Gambang Kromong adalah alat music yang perpaduan dengan dua unsure kebudayaan,pribumi dan Tionghoa.

Gambang Kromong adalah alat music tunggal melainkan orkes yang terdiri dari berbagai alat music tradisional.

Instrumen music yang digunakan gambang kromong terdiri dari :

  • Gambang
  • Kromong
  • Gong
  • Gendang
  • Suling
  • Kecrek
  • Sukong
  • Konghayan
  • Tehyan

Akibat Tambahan alat music tersebut merubah tangga nada yang awalnnya pentatonic berubah menjadi diatonic, tetapi bunyi yang dihasilkan tetap selaras dan harmonis.

Gambang Kromong ini sering kali membawakan lagu yang bersifat humor,gembira dan terkadang ejekan.lagu yang dibawkan aladah lagu yang menceritakan pribumi dan Tionghoa.

Marawis

alat musik betawi

Alat music ini sama seperti gambang kromong,marawis juga merupakan alat musik hasil perpaduan antara budaya betawi dan budaya timur tengah.dan alat musik ini sudah dikenal luas,

Marawis ini memiliki bentuk menyerupai rebana,namun terdapat perbedaan pada bentuknnya,marawis ini memiliki bentuk yang lebih gempal dibandingkan dengan rebana yang memiliki bentuk lebih pipih.

Kemong

alat musik betawi

Kemong adalah alat musik khas betawi yang termasuk ke dalam gambang kromong. Alat musik ini meyerupai gong atau boning dari provinsi jawa timur.

Namun Kemong ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan berjumlah lebih dan alat musik ini lebih banyak jumlahnnya.

Cara memainkan alat musik ini dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul khusus yang sudah dililitin kain atau karet.dan setiap kenong memiliki suara yang berbeda.

Tanjidor

alat musik betawi

Alat musik ini sudah lama terbentuknnya pada abad ke-19 yang dirintis oleh Augustjin Michiels atau “Mayor Jantje” dari daerah Citeureup.

Nama lat musik ini sendiri berasal dari nama kelompok sisa – sisa musik Tangsi (asrma militer milik Jepang) yang dimainkan oleh masyarakat betawi sendiri.

Biasannya tanjidor ini dimainkan di jalanan atau yang lebih dikenal dengan nama pesta Cap Go Meh di kalangan bangsa cina baetawi.

Gendang

alat musik betawi

Gendang adalah alat  musik yang sudah cukup terkkenal di kalngan masyarakat Indonesia sebagai salah satu alat musik yang instrumenn musik gamelan jawa dan daerah lainnya.

Namun banyak orang yang tidak diketahui kalo betwai juga memiliki alat musik gendang sebagai alat musik tradisional khas betawi.

Keroncong Tugu

alat musik betawi

Keroncong tugu adalah sebutan bagi orkes atau kelompok musik yang dihasilkan dari perpaduan budaya antara betawi dengan portugis.

Alat musik ini cukup panjang sejarahnnya yang unik.nama keroncong ini berasa dari kata Cavaquinho Semancam gitar kecil atau meyerupai ukulele yang dibuat oleh orang – orang portugis.

Gong

alat musik betawi

Gong adalah alat musik yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.selain di pulau jawa,gong juga merupak alat musik khas betawi yang sering digunakan dalam pentas seni tradisional.

Gong ini memiliki bentuk lingkaran dan berlubang dibagian belangkangnya,terbuat dari bahan logam berjenis kuningan atau perunggu.

Pada bagian depan terdapat bundaran atau benjolan yangberfungsi tempat pemukul alat tersebut.

Cara memainkan alat musik dengan di pukul dengan menggunakan alat pemukul khusus yang dililitin oleh kain atau karet.

Alat musik ini biasanya digunakan untuk menggiring orkes dan penampilan keseneian lainnya,dan selain untuk dipakai dalan kesenian biasannya gong ini digunakan untuk pemberitahuan,suarannya yang khas,seakan dapat memberikan kesan yang dala bagi pendengarnnya.

Sukong

alat musik betawi

Sukong adalah alat musik khas daerah betawi alat musik ini meyerupai alat musik rebab yang berasal dari arab.dqan terdapat perbedaan antara rebab dan sukong ini yaitu alat musik ini bentuknnya lebih kecil dan memiliki dua dawai atau senar dibandingkan dengan rebab yang menggunakan satu dawai.

Sukong ini terbuat dari kayu sebagai tempat membentangkan dawai dan batok kelapa sebagai tempat resonasi suara.

Rebana Ketimpring

alat musik betawi

Rebana Ketimpring adalah alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul atau ditepuk menggunakan tangan.

Alat musik ini terbuat dari kayu yang dilibangi pada bagian tengahnya dan diberi lapisan berupa kulit hewan.

Rebana ini dimainkan dalam group atau kelompok yang dibagi menjadi tiga bagian.,yaitu bagian rebana 5 berfungsi sebagai komando atau alat musik utama bagi kelompok lainnya.

Rebana tiga dan empat berfungsi sebagai pengiring kelompok rebana lima.

Gambus

alat musik betawi

Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik seperti mandolin alat musik yang berasal dari timur tengah.

Gambus memiliki sedikitnnya 3 senar sampai dengan 12 senar atau dawai.namun gambus untuk di daerah Jakarta atau betawi dipasang 7 senar saja.6 senar dengan 3nada bersuara kembar dan satu senar sebagai bas.

Gambus sering kali dimainkan dengan perpaduan alat musik tradisional lainnya sperti gendang sebagai pengiring musik.dan gambus sering kali digunakan pada acara – acara seperti sunatan dan perkawinan.

Kecrek (Pan)

alat musik betawi

Alat musik ini adalah alat musik khas betawi yang terbuat dari lempengan besi dan disusun di atas balok kayu.

Alat msusik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan 2 tongkat kecil.

Alat msuik ini sering kali digunakan dalam seni teatertradisional topeng betawi yang beralaskan tikar dan menghasilkan suara crek crek crek.

Ketuk

alat musik betawi

Alat musik yang satu ini memiliki bentuk yang meyerupai boning,tetapi lat musik ini lebih pipih dan berinding rendah daripada kenong.

Dan sebenarnnya alat musik ini bukannlah alat musik tradisionala betawi,tetapi termasuk kedalam alat musik gamelan.alat msusik ini seringkali digunakan dalam pementasan kesenian tradisional masyarakat betawi.

Mandolin

alat musik betawi

Mandolin adalah alat musik yang berasal dari eropa dan memiliki betuk meyerupai gitar tetapi dimaninkan seperti biola.

Walaupun alat musik ini berasal dari eropa,tetapi alat musik ini sering kali digunakan untuk mengiring kesenian tradisional masyarakat betawi seperti tanjidor dan acara lainnya.

Terompet

alat musik betawi

Alat musik adalah salah satu yang termasuk ke dalam salah satu instrument musik orkes tanjidor.

Terompet ini terbuat dari bahan logam besi atau kuningan.dan dalam kesenian betawi pastinnya kita akan sering kali melihat alat musik yang satu ini.

Trombon

alat musik betawi

Alat musik adalah alat musik yang satu keluarga sama terompet. Namun terdapat perbedaan pada ukuran alat musik ini lebih besar dibandingkan terompet.

Alat musik ini dimainkan dengan cara di tiup dan memencet tuts untuk mengatur nada dengan menggeserkan kedepan atau kebelakang.

Demikian pembahasan mengenai tentang alat musik betawi. Baca alat musik lain di olympics30.com

Leave a Reply