Mengenal Alat Musik Harmonis

Alat Musik Harmonis – Dari sabang sampai marauke bahkan negara- negara lainnya tentu begitu banyak macam dan jenis alat musik yang telah dibuat dengan tujuan utnuk menghasilkan bunyi yang harmonis dan nyaman untuk didengar.

Berdasarkan macam- macam alat musik bila dikelompokkan sesuai dengan fungsinya dibagi menjadi tiga bagian, yakni alat musik harmonis, MElodis, dan Ritmis.

Disini kita kan sedikit mengupas mengenai pengertian, fungsi, serta macam- macam alat musik harmonis Tradisional dan Modern serta dilengkapi dengan penjelasan beserta contoh yang sangat khas dan unik dari berbagai daerah di dunia.

Alat musik Harmonis berfungsi sebagai alat musik yang digunakan untuk lebih memperindah baik berupa lagu atau menjadi pengiring dari melodi dan musik.

Contohnya alat musik harmonis tradisional ialah seperti gambus, bonang, sinter, dll.

Contoh alat musik harmonis modern seperti gitar, keyboard, piano, biola, recorder,, har, dan banyak lagi.

pengertian Alat Musik Harmonis

Alat musik harmonis merupakan alat musik yang befungsi untuk memainkan harmoni pada suatu lagu.

Yang telah kita ketahui bahwa alat musik ini biasa memainkan harmoni, maka salah satu yang menjadi ciri- cirinya yaitu dapat memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan.

Macam- macam beserta Contoh Alat Musik Harmonis Tradisional dan Penjelasannya.

1. Sasando

alat musik harmonis

Sasando atau yang biasa dikenal dengan nama sasandu yang berati bunyi yang dihasilkan dari getaran.

Alat musik ini lahir dari penemuan yang inspiratif dengan hasil dari intreaksi dengan Alam.

Alat musik ini berasal dari pulau Rote Nusa Tenggara Timur.

Seiring dengan berjalannya waktu alat musik ini terus dimodifikasi baik secara bentuknya serta meningkatkan kualitas bunyi yang diproduksinya.

2. Sampek

alat musik harmonis

Alat musik ini berasal suku dayak yang tentunya memiliki peradaban dan kebudayaan beserta senua perangkat adat dan tradisinya.

Dalam kehidupan sehari- hari ini mempergunakan alat  musik sebagai media penghantar upacar- upacar adat dan digunakan sebagai penghibur.

Dan tentu mempunyai banyak alat musik lainnya salah satu musik yang sering digunakan yakni alat musik Sampe.

Alat musik sampe ini dibuat dari bahan kayu pilihan. Kayu yang mempunyai kualitas baik. Jenis kayu yang digunakan adalah kayu pelanta, kayu adau, kayu marang, kayu tabalok, dan sejenisnya.

Jenis kayu tersebuit dipilih karena kuat, tidak mudah pecah, tahan lama, dan tidak mudah dimakan rayap.

3. Kecapi

alat musik harmonis

Dalam bahasa sunda kecapi merajuk kepada tanaman sentul, yang dipercaya kayunya bisa dibuat alat musik yaitu kecapi.

Berdasarkan fungsinya kecapi dibagi menjadi dua, yaitu kecapi indung atau dikenal dengan kecapi induk dan kecapi rincik atau yang dikenal kecapi anak.

Kecapi Indung atau kecapi induk difungsikan untuk memimpin musik dengan cara memberikan intro, bridges, dan interlude, dan juga difungsikan sebgai penentu tenpo.

sedangkan kecapi rincik atau yang dikenal kecapi anak difungsikan sebgaia memperkaya musik dengan cara mengisi ruang antar nada dengan frekuensi- frekuensi tinggi, untuk tujuan lainnya, digunakan sebuah kecapi yang lebih kecil dengan dawai nya yang lebih dari 15.

Baca Juga : Alat Musik Ritmis

4. Rebab

alat musik harmonis

Di Indonesia Rebab merupakan instrumen yang sangat penting dalam mengeloborasikan dan juga sebagai penghias melodi dasar.

Ini tidak seharusnya persis dengan instrumen gamelan lainnya dan bisa dimainkan dalam waktu yang relatif bebas.

Di negara Malaysia timur, kelantan dan terengganu, alat musik ini biasanya digunakan dalam ritual penyembuhan yang disebut dengan ritual penyembuhan yang disebut dengan “Main Puteri”.

Ciri- ciri alat musik ini biasanya ukuran nya lebih kecil, badanya yang bulat, dan mempunyai leher yang panjang terpaksa.

5. Siter dan Celempung

alat musik harmonis

Siter dan Celempung merupakan alat musik petik dalam gamelan Jawa. Alat musik ini berkaitan dengan alat musik kecapi digamelang Sunda.

Pada umunya sitar memiliki panjang sekitar 30 cm dan dimasukkan kedalam sebuah kotak ketika dimainkan, sedangkan celempung  memiliki panjang sekitar 90 cm dan memiliki empat kaki, serta disetel  satu oktaf  dibawah siter.

Senar siter dimainkan dengan menggunakan ibu jari, sedangkan jari yang lainnya digunakan untuk menahan getaran ketika senar yang lain dipetik. Ini juga merupaka sebagai ciri khas instrumen gamelang.

Macam- macam beserta Contoh Alat Musik Harmonis Modern dan Penjelasannya.

Setelah kita telah membahas tentang alat musik harmonis tradisional, sekrang kita kembali membahas alat musik harmonis modern, berikut ulasannya.

1. Biola

alat musik harmonis

Biola merupakan alat musik yang lumayan terkenal diberbagai belahan dunia.

Selain karena bentuknya yang sangat unik, alat musik modern yang satu ini bisa menghasilkan suara yang indah, jadi jangan kaget jika banyak orang hanya ingin mendengar suara biola saja yaitu dimainkan secara  tunggal.

Biola hanya mempunyai empat yang masing-masing memiliki kunci G-D-A-E dan disetel dengan cara rapi sehingga dapat menghasilkan bunyi berbeda-beda, sedangkan nada darsar biola itu sendiri dimulai dari kunci G.

2. Cello

alat musik harmonis

Cello memang hampir mirip dengan Biola karena memang alat musik ini masih satu keluarga dengan Biola namun dari segi ukurannya masih jauh lebih besar dari Biola, Cello sering dikenal dengan nama Violocello.

Alat musik harmonis satu ini sangat jarang sekali dimainkan di Indonesia karena sura yang dihasilkannya kurang cocok dengan musik-musik tradisional dari Indonesia, meskipun jarang dimainkan di Indonesia alat musik yang satu ini sangatlah terkenal dan sering dimainkan di Eropa di setip pementasan musik klasik.

Karena ukurannya yang besar alat musik ini biasanya dimainkan dengan cara diletakkan di lantai dan digesek dalam keadaan berdiri.

Baca Juga : Alat Musik Tifa

3. Alat Musik Har Gitar

alat musik harmonis

Alat musik modern selanjutnya yakni hampir semua orang mengetahui atau tidak asing lagi bagi mereka, Gitar adalah alat musik harmonis yang sering dimainkan disetiap pentas musik dengan berbagai genre.

Selain sebagai alat musik harmonis gitar juga sangat sering digunakan sebagai alat musik melodis yakni dimainkan dengan cara memetik dawainya satu persatu.

Gitar itu sendiri dapat dibedakan menjadi dua yaitu gitar akustik dan gitar listrik. Bahan pembuatan utama gitar mulai dari kayu dibalut dengan plywood juga ada yang dibuat menggunakan bahan sintesis.

4. Harmonika

alat musik harmonis

Harmonika ialah alat musik yang cara memainkannya dengan cara ditiup atau dihisap menggunakan mulut.

Harmonika mempunyai ruas lubang pada sisi sampingnya, ruas tersebut hampir berhimpitan sehingga cukup susah untuk memainkan alat musik satu ini.

Harmonika sering dimainkan suatu grup band pada jenis musik seperti :

  • Country
  • Solo
  • Ansambel
  • Grup musik lainnya

5. Harpa

alat musik harmonis

Harpa merupakan alat musik modern yang cara memainkannya dengan cara dipetik, harpa sendiri mempunyai jumlah senar sebanyak 22-47 senar, banyaknya senar tersebut tergantung dari ukuran harpa itu sendiri.

Untuk ukran Harpa sendiri secaraumumnya mempunyai tiga ukuran yaitu kecil yang biasa dimainkan dengan cara dipangku oleh pemain, ukuran sedang yang bisa dimainkan dengan cara duduk dilantai atau dikursi dan ukuran yang besar bisa dimainkan dengan cara duduk di kursi sehingga HArpa diletakkan dilantai dalam keadaan berdiri.

Demikian tadi beberapa pembahasan mengenai alat musik harmonis yang ada di Indonesia dan dunia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply